Adakah Klasifikasi Paving Block Berdasarkan Cara Pembuatannya?

By | April 30, 2018

Ada banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan paving block daripada bahan bangunan lainnya untuk memperindah halaman ataupun lahan lainnya. Tahukah Anda? Ada beragam jenis paving yang perlu Anda ketahui ketika ingin membeli paving tersebut. Untuk itu, Anda perlu tahu bahwa ada klasifikasi paving berdasarkan dari cara pembuatannya. Ingin tahu apa saja klasifikasi tersebut? Inilah klasifikasi yang harus Anda ketahui agar tidak salah membeli paving sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Paving Block Yang Dibuat Menggunakan Tangan

Klasifikasi yang pertama yaitu pembuatan paving dengan menggunakan tangan atau masih di press secara manual. Paving jenis ini memiliki harga yang paling murah karena memang kualitas dan mutu yang ditawarkan pun rendah. Biasanya, paving block yang dibuat dengan cara pembuatan ini digunakan untuk pengerasan non struktural seperti halnya halaman rumah yang jarang dibebani dengan beban berat seperti mobil, taman, dan juga lingkungan dengan daya beban yang rendah.

Paving Block Yang Dibuat Menggunakan Press Mesin Getar

Cara pembuatan paving yang kedua yaitu dengan menggunakan mesin press getar atau vibrasi. Biasanya, paving yang dibuat dengan menggunakan mesin ini biasa digunakan untuk lahan parkir, car port, pelataran garasi, dan lainnya. Tentunya, paving yang dibuat dengan mesin getar ini sedikit lebih kuat dibandingkan dengan yang menggunakan tangan.

Paving Block Yang Dibuat Menggunakan Press Mesin Hidrolik

Cara pembuatan yang terakhir yaitu pembuatan paving dengan menggunakan mesin press hidrolik yang menghasilkan kualitas yang bagus. Biasanya, untuk pemakaian paving dengan menggunakan mesin hidrolik ini digunakan untuk menahan beban-beban yang lebih berat seperti halnya area jalan lingkungan, jalan terminal peti kemas yang biasanya ada di pelabuhan, jalan di terminal bus, dan jalan-jalan lainnya.

Itulah klasifikasi paving block yang harus Anda ketahui sebelum Anda membeli paving yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa tahu dengan pasti paving jenis apa yang Anda butuhkan untuk lahan yang ingin Anda gunakan tersebut. Anda bisa memperkirakan apakah lahan tersebut akan menahan beban berat atau tidak.