Apa Itu Fungsi Perencanaan Dalam Manajemen?

By | April 9, 2018

Seperti yang kita ketahui, fungsi manajemen adalah faktor penting yang perlu dipersiapkan untuk sebuah usaha atau bisnis. Satu dari empat fungsi manajemen yang ada adalah fungsi perencanaan. Fungsi yang satu ini berada di urutan paling awal dari fungsi-fungsi manajemen lainnya. Tentunya, setiap fungsi memiliki porsi yang berbeda satu dan lainnya. Begitu pula dengan fungsi yang satu ini. Lalu, apa yang bisa dilakukan dalam fungsi perencanaan ini? Apa manfaat dari fungsi yang satu ini? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak informasinya berikut ini.

Aktivitas dalam Pelaksanaan Fungsi Perencanaan

Ada beberapa aktivitas yang biasanya dilakukan di fungsi manajemen perencanaan. Beberapa aktivitas tersebut antara lain:

  • Menentukan target bisnis atau usaha Anda. Tanpa sebuah target, pastinya sebuah usaha akan berjalan dengan arah yang tak menentu. Untuk itu, sangat penting untuk menentukan sebuah target.
  • Penyusunan Strategi untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Setelah Anda memiliki target Anda, hal lain yang perlu Anda persiapkan adalah menyusun strategi. Strategi tersebut akan membantu Anda dalam pencapaian target yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.
  • Untuk melaksanakan strategi Anda, pastinya Anda membutuhkan bantuan sumber daya yang memang dibutuhkan. Anda pun harus menentukan sumber daya apa saja yang nantinya akan Anda cari.
  • Jangan lupa pula untuk menetapkan standar Anda sendiri dalam sebuah pencapaian bisnis yang ingin Anda raih.

Selain mengetahui beberapa aktivitas yang biasanya dapat ditemukan di fungsi perencanaan, Anda juga harus tahu beberapa manfaat dari melakukan perencanaan yang baik. Manfaat dari fungsi perencanaan dan perencanaan yang baik adalah sebagai berikut:

  • Dengan adanya perencanaan, hal ini bisa membantu segala aktivitas untuk berjalan sesuai arahan dan tujuan.
  • Dengan adanya perencanaan yang baik, Anda juga bisa menghindari beberapa kesalahan yang mungkin saja bisa ditimbulkan.
  • Karena sistem yang sudah baik sejak mode perencanaan, maka Anda pun akan lebih mudah untuk melakukan pengawasan.
  • Adanya perencanaan yang jelas pun bisa menjadi pedoman Anda untuk menjalankan setiap aktivitas terkait dengan bisnis Anda.

Jadi, apa pendapat Anda tentang fungsi manajemen yang satu ini?