Apa Saja Manfaat Daun Kemangi?

By | March 10, 2018

Siapa tidak suka mengkonsumsi daun kemangi? Daun kemangi sering ditemukan pada masakan lalapan dan beberapa masakan lain yang berbahan dasar ikan, penggunaan kemangi memang bertujuan untuk menghilangkan amis pada ikan, bebek, atau ayam. Namun saat ini kita tidak akan membahas mengenai makanan. Kita akan membahas mengenai manfaat kemangi untuk kesehatan, apakah kemangi bisa digunakan untuk obat? Kemangi memiliki kandungan zat antioksidan tinggi yang bisa menangkal radikal bebas dan racun pada luka luar. Banyak orang yang telah membuktikan khasiatnya, kmangi biasanya dikonsumsi untuk mengurangi bau tidak sedap pada mulut dan badan. Namun pakar herbal akhirnya menemukan kegunaan lain pada daun kemangi, tahukah anda? Ternyata kemangi bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal dan ruam.

Tips Memanfaatkan Daun Kemangi Untuk Mengobati Gatal-Gatal

Sifat daun kemangi yang dingin ketika bersentuhan dengan kulit menyebabkan luka pada kulit segera merespon zat-zat antioksidan di dalamnya. Apabila anda terkena cipratan minyak panas, air panas maupun terkena knalpot motior di kaki anda misalnya, segera ambil daun kemangi secukupnya. Hancurkan daun kemangi menggunakan tangan dengan cara menggulungnyan dengan tangan, apabila cairan pada daun kemnagi sudah keluar maka segera tempelkan pada bagian luka. Awalnya akan terasa perih kemudian anda akan merasakan sensasi dingin sedikit gatal, ini merupakan pengaruh dari enzim yang dihasilkan oleh daun kemangi.

Manfaat lain dari daun kemangi yaitu bisa menyembuhkan gatal-gatal dan ruam. Untuk gatal-gatal, lakukan langkah yang sama dengan yang sebelumnya. Dengan menempelkan daun kemangi yang telah dihancurakan dan cairannya dijamin akan mengobati gatal karena terkena ulat bulu atau gatal karena jamur. Perhatikan penggunaan daun kemangi untuk mengobati luka, pastikan anda tidak menempelkan daun kemangi pada luka yang selaputnya terlihat. Untuk mengatasi ruam pada bayi, gunakan sedikit daun kemangi yang dimasukkan ke dalam air hangat. Diamkan hingga 5 menit kemudian tempelkan daun kemangi pada kulit bayi yang ruam, lakukanlah jika kulit bayi anda mengalami ruam.