Apa Sih Bedanya Film 2D Dan 3D?

By | April 6, 2018

Seiring perkembangan zaman, kita juga tidak harus menonton film di bioskop, tetapi juga dimana sana dan kapan saja melalui fasilitas streaming film Indonesia terlengkap. Film adalah salah satu hasil karya manusia berupa seni kreatif yang dapat menjadi sarana hiburan. Film sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, dari sebelum ada bioskop modern seperti saat ini.

Jenis Format Tayangan Film

format film yang biasa kita lihat adalah format 2 dimensi atau yang sering disebut dengan 2D. Film dengan format 2 dimensi ini biasanya hanya berupa gambar yang dapat bergerak. Sedangkan film dengan format 3 dimensi akan lebih terlihat nyata, layaknya wujud sesungguhnya. Bisanya efek format 3 dimensi tersebut dapat terlihat secara jelas jika menggunakan kacamata khusus. Lalu apa perbedaan lainnya antara film dengan format 2 dimensi dan 3 dimensi?

Hal pertama yang membedakan antara film dengan format 2 dimensi dan 3 dimensi adalah dari kualitas gambarnya. Film 3 dimensi memiliki kualitas gambar yang lebih nyata dan tidak terdapat benang halus. Namun kualitas gambar dari format 2 dimensi pada streaming film Indonesia terlengkap lebih baik jika dibandingkan dengan format yang biasa. Selain itu untuk film dengan format 3 dimensi juga menampilkan efek-efek tertentu dengan bentuk yang lebih nyata jika dibandingkan dengan format 2 dimensi. Aneka warna yang menghiasi gambar film dengan format 3 dimensi juga lebih cerah.

Hal berikutnya adalah dari cara penyajian film. Film dengan format 3 dimensi disajikan dengan cara khusus yaitu dengan menggunakan kacamata 3 dimensi. Selain itu layar yang digunakan adalah menggunakan teknik 3 dimensi yaitu dengan menggunakan layar berwarna silver atau perak. Namun bioskop yang menggunakan layar biasa untuk tampilan 3 dimensi biasanya sudah menggunakan teknik IMAX 3D dan Dolby 3D.

Perbedaan yang terakhir adalah pada penggunaan subtitle. Jika Anda sering menonton film di streaming film Indonesia terlengkap dengan menggunakan subtitle maka film tersebut menggunakan format 2 dimensi. Sebab, untuk format 3 dimensi tidak menggunakan subtitle. Subtitle pada format 3 dimensi dinilai dapa mengganggu kualitas gambar.