Arti Dari Inisiasi Menyusui Dini

By | April 21, 2018

Dalam dunia kesehatan ada istilah inisiasi menyusui dini, istilah yang satu ini memiliki arti proses bayi saat baru lahir menemukan puting ibunya. Proses ini harus dilakukan segera mungkin, saat bayi lahir jangan langsung ditimbang berat badannya tetapi letakkan bayi pada perut ibunya untuk inisiasi menyusui. Bayi akan mudah melakukan hal tersebut karena bayi sudah mengetahui bau dari ibunya, dengan bayi mampu melakukan hal tersebut nantinya akan membuat bayi mudah dalam menyusu.

Hal Yang Dilakukan Dalam Melakukan Inisiasi Menyusui Dini

Bagi ibu muda pasti belum mengetahui apa pentingnya melakukan inisiasi menyusui dini, banyak ibu muda yang menghiraukan hal tersebut dan merasakan akibatnya di kemudian hari. Memang proses ini sangat penting untuk dilakukan, bukan hanya akan berguna bagi ibu juga akan berguna bagi bayi.

Inisiasi ini memang sangat banyak gunanya, salah satu manfaat dari proses ini adalah bayi akan belajar bagaimana caranya untuk menyusu yang benar. Memang sangat penting untuk bayi meminum asi dibandingkan dengan susu formula, karena kandungan gizi pada asi itu lebih banyak. Untuk melakukan inisiasi dengan benar, ibu muda harus memperhatikan hal di bawah ini.

  • Memilih Rumah Sakit Yang Cocok

Persalinan memang bisa dilakukan di bidan, tetapi lebih baik persalinan ini dilakukan di rumah sakit. Karena sudah banyak rumah sakit yang memiliki program inisiasi untuk ibu yang melahirkan, dengan adanya program ini ibu muda akan diberikan arahan terbaik dalam melakukan proses inisiasi.

  • Memperhatikan Kondisi Ibu Dan Bayi

Memang proses ini sangat dianjurkan untuk dilakukan, tetapi jika kondisi dari ibu dan bayi tidak stabil maka proses ini lebih baik untuk tidak dilakukan. Kondisi ibu dan bayi jelas akan menjadi point penting proses ini berjalan baik, jika kondisi bayi tidak memungkinkan maka proses ini jangan dilakukan karena membahayakan bayi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan inisiasi menyusui dini, suksesnya proses ini sangat dipengaruhi oleh niat dari ibu bayi. Jika niat atau tekad dari ibu itu sangat kuat maka sudah dapat dipastikan inisiasi ini akan berbuah hasil yang manis.