Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Lansia?

By | March 26, 2018

Lansia memiliki kondisi fisik yang lebih lemah dibandingkan dengan yang lainnya. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan lansia pun cukup berbeda dari orang pada umumnya. Dan biasanya banyak sekali yang menderita suatu penyakit, bahkan komplikasi. Dan menjaga kesehatan lansia itu sangatlah penting, karena justru inilah hal yang sangat dibutuhkan bagi lansia di usia senja mereka. Untuk mengatasi permasalahan kesehatan pada lansia, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Apalagi lansia ini biasanya sifatnya sudah kembali lagi seperti anak-anak, sehingga treatment yang dilakukan sedikit banyak akan sama dengan anak kecil. Namun tidak usah khawatir, karena tips kesehatan ini cukup mudah untuk dilakukan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tips kesehatan ini, sehingga Anda bisa ikut serta dalam menjaga kesehatan lansia, baik orang tua Anda maupun lansia di panti.

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Lansia

Inilah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan lansia, supaya kesehatan tetap ada pada mereka. Pertama, memberikan makanan yang tidak terlalu berat, yakni seperti halnya sayuran yang lunak. Hal ini dikarenakan alat pencernaan pada lansia rata-rata sudah tidak bisa bekerja sebagaimana orang pada umumnya, sehingga butuh makanan yang mudah untuk dicerna. Berikan juga buah-buahan, sehingga nutrisi akan terpenuhi. Susu khusus untuk lansia juga sangat penting, karena bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Kedua, berikan treatmen khusus untuk melakukan pergerakan dinamis, misalkan dengan melakukan senam lansia. Senam lansia tentunya berbeda dengan senam untuk orang dewasa, remaja, atau anak-anak. Senam lansia ini jauh lebih ringan, bahkan biasanya hanya membutuhkan koordinasi otak seperti pergerakan jari-jari, jalan di tempat, dan pergerakan tangan dan kepala secara ringan. Ketiga, lansia tidak perlu melakukan aktivitas yang terlalu berat, karena daya tahan dan kekebalan tubuh sudah sangat lemah, sehingga lebih baik menggunakan waktu untuk melakukan aktivitas ringan dan menghibur diri.

Diharapkan lansia menghindari segala sesuatu yang bisa membuat stres, sehingga hiburan atau refreshing akan sangat perlu. Bagi lansia, duduk di taman yang penuh dengan pepohonan dan tanaman rindang pun merupakan hiburan yang sangat bermanfaat, karena di situ bisa menikmati udara yang segar. Menjaga kesehatan lansia sangatlah penting, sehingga lansia bisa melakukan aktivitas yang berkualitas.