Bahayanya Diabetes Dapat Menyebabkan Kematian

By | April 5, 2018

Diabetes melitus atau yang biasa kita sebut sebagai penyakit kencing manis merupakan suatu kelainan metabolik yang disebabkan oleh kurangnya insulin dan ketidakmampuan tubuh memanfaatkan insulin. Penyakit ini ditandai dengan adanya kadar gula darah yang jauh di atas normal. Informasi Kesehatan sangat diperlukan untuk membantu masyarakat mengetahui penyakit-penyakit serta penyebabnya yang sering menyerang siapa pun. Jika sudah parah, penyakit diabetes ini dapat menjadi faktor utama adanya komplikasi dalam tubuh. Tidak hanya satu dua penyakit, namun akan ada banyak penyakit yang dapat dengan mudah hinggap di tubuh karena kekebalan tubuh yang semakin menurun. Bahkan bisa menyebabkan bagian tubuh diamputasi, kebutaan, dan berakhir dengan kematian.

Penyebab Penyakit Diabetes Melitus Dan Solusinya

Tanpa kita sadari, ternyata kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan dalam keseharian kita salah satunya merupakan pemicu hadirnya penyakit diabetes melitus di tubuh kita, seperti sebagai berikut.

  1. Teh Manis

Menurut informasi kesehatan yang diperoleh, dalam segelas teh manis terdapat sekitar 250-300 kalori. Belum ditambah dengan makan besar, yang kita hitung 3 kali dalam sehari dan di dalamnya terdapat lauk pauk yang pasti mengandung banyak gula. Asupan gula yang berlebih akan menjadikan obesitas dan juga diabetes. Solusinya, cobalah mulai ganti dengan teh tawar atau tanpa gula, atau bahkan air putih.

  1. Gorengan

Gorengan adalah salah satu faktor pemicu penyakit degeneratif seperti kardiovaskular, diabetes, dan stroke. Penyebab utamanya adalah dyslipidemia. Dyslipidemia ini disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi makanan rendah serat dan tinggi lemak seperti gorengan. Solusinya, kita bisa menggantinya dengan mengonsumsi pie buah atau kacang jepang.

  1. Kurang Tidur

Kualitas tidur yang buruk menyebabkan kemampuan tubuh dalam memproses glukosa menurun secara drastis. Dan hal ini akan menyebabkan seseorang dapat terserang diabetes. Berbagai informasi kesehatan mengungkapkan, tidurlah yang cukup, minimal 6 jam per hari, lebih baik jika 8 jam.

  1. Minuman Bersoda

Banyak penelitian mengatakan bahwa dengan mengonsumsi soda berlebih akan membuat berat badan dan juga kadar gula melambung tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya pemanis yang terkandung di dalamnya. Kurangilah minuman bersoda dan perbanyak minum air putih.