Bentang Alam Batang Toru Tapanuli Selatan

By | March 16, 2018

Wilayah Batang toru ini terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki kekayaan alam yang cukup besar. Warga yang tinggal di daerah ini banyak yang menggantungkan hidupnya kepada kekayaan alam yang berada di wilayah ini.

Tipe Ekosistem Batang Toru

Wilayah Batang Toru merupakan wilayah yang termasuk dalam pegunungan dataran rendah. Ketinggian wilayah ini mencapai 900 – 1000 mdpl. Luas wilayah ini seluas 168.658 yang terdiri dari Cagar Alam dan Hutan. Hutan yang terbentang di wilayah ini merupakan hutan yang konservatif. Pasalnya di dalam hutan ini masih terdapat spesies tumbuhan – tumbuhan langka dan juga satwa liar yang dilindungi.

Di dalam hutan di Tapanuli Selatan ini, hiduplah berbagai flora dan fauna langka. Flora yang hidup disana seperti bunga raflesia arnoldi dan kantong semar. Saat ini keberadaan flora ini sudah cukup langka dan tidak semua hutan memiliki flora ini. Ini artinya bahwa kondisi lingkungan alam yang ada dalam hutan ini masih sangat asri dan alami.

Selain flora, fauna atau satwa liar yang hidup di area ini juga beragam Satwa yang hidup di hutan ini seperti tapir, harimau Sumatera, dan orang utan tapanuli. Keberadaan hewan ini pun terbilang langka dan saat ini sudah tergolong menjadi spesies – spesies yang perlu dilindungi karena terancam kepunahan. Oleh sebab itu, konservasi alam untuk menjaga lingkungan di kawasan ini sangat penting untuk diperhatikan.

Sumber Rezeki Masyarakat Sekitar

Di dalam hutan mengalirlah sungai yang menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Air yang mengalir dari sungai tersebut dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan perairan lahan perkebunan dan pertanian mereka. Mereka melakukan pekerjaan sebagai petani untuk mengumpulkan pundi – pundi rezeki dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Jika Anda ingin lebih mengetahui bagaimana wilayah konservatif yang ada di Tapanuli Selatan ini, http://tanahbatangtoru.org akan membantu Anda untuk lebih mengenal daerah yang menjadi habitat orang utan tapanuli ini.