Berbagai Bahan Baku Furniture Minimalis

By | April 3, 2018

Berbicara soal mebel jati tentu kita akan terpusat pada bahan utama pembuatannya. Melihat dari namanya tentu sudah tertebak bahan baku utamanya adalah kayu jati. Namun tidak sembarang kayu jati digunakan untuk membuat furniture. Kayu jati yang digunakan untuk contoh mebel minimalis harus berdiameter rata-rata 20 cm. Hal tersebut dikarenakan agar strukturnya stabil dan tidak mudah menyusut karena adanya perubahan cuaca. Ada beberapa grade kualitas yang biasanya diberikan sebagai pilihan jika Anda ingin membeli mebel dari kayu jati, mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal. Meskipun sama-sama dari kayu jati, namun grade sangat menentukan kualitasnya. Terdapat grade C hingga A.

Mebel Minimalis Berkualitas

Selain mebel jati yang tentu saja menggunakan kayu jati, ada juga pilihan kayu mahoni. Furniture minimalis dari kayu mahoni tentu memiliki harga yang lebih murah dari kayu jati, namun memiliki kekuatan yang hampir serupa. Kenapa dengan kayu mahoni?

Furniture yang dibuat dari kayu mahoni biasanya ditujukan bagi para pembeli yang ingin membeli furniture dengan warna yang solid. Berbeda dengan kayu jati, kayu mahoni sangat tepat untuk diberikan warna solid seperti merah, putih, biru, hijau, dan lain sebagainya. Memang sebagai finishing kayu mahoni sangat cocok diberikan warna dibandingkan kayu jati yang memiliki minyak alami. Dengan adanya minyak alami tersebut kayu jati bisa sangat awet, namun tidak cocok diberikan warna karena akan menimbulkan noda kuning.

Selain kedua jenis kayu di atas, ada juga dari bahan kayu jati belanda atau pinus. Serat dari kayu ini sangat menonjol dan menampilkan kesan indah secara alami ditambah dengan cat terang sebagai finishingnya. Kayu pinus juga jauh lebih murah dari kedua jenis kayu lain.

Sebagai bahan baku pembuat furniture minimalis, berbagai jenis kayu sebenarnya bisa digunakan. Namun ketiga jenis kayu di atas menjadi yang paling utama. Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai mebel minimalis, Anda bisa mengunjungi mebel jati minimalis Jepara untuk mengetahui lebih jauh mengenai berbagai jenis kayu yang digunakan sebagai bahan baku.