Berbagai Metode Untuk Penangkapan Ikan

By | May 17, 2018

Ada berbagai macam metode penangkapan ikan yang menarik untuk Anda ketahui. Metode-metode ini pun tentu aman dan legal di negara asal mereka. Saat ini memang untuk menangkap ikan sudah diberlakukan aturan yang cukup ketat. Namun aturan tersebut sebenarnya berfungsi untuk melindungi ekosistem laut. Karena itulah diciptakan berbagai metode yang aman untuk menangkap ikan.

Jenis-Jenis Metode Penangkapan Ikan Yang Berlaku

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menangkap ikan yang baik dan benar yaitu yang sesuai dengan aturan yang berlaku, maka kami berikan daftar metode untuk menangkap ikan.

  1. Metode purse

Jika Anda menggunakan metode purse, maka jenis ikan yang bisa Anda tangkap yaitu ikan tongkol dan ikan tuna. Metode penangkapan ikan yang satu ini sudah modern karena mereka akan menggunakan purse seine atau pukat cincin untuk menangkap sekelompok ikan. Nelayan akan menggunakan jaring dengan cara melingkari sekelompok ikan. Saat bagian bawah jaring sudah mengerucut, maka nelayan akan menarik jaringnya dan sekelompok ikan tersebut akan tertangkap. Hanya nelayan komersial saja yang boleh menggunakan metode ini.

  1. Metode dredging

Dredging yang berarti mengeruk ini artinya adalah nelayan akan mengeruk dengan menggunakan kapal yang mempunyai peralatan khusus, Biasanya metode ini digunakan untuk menangkap tiram ataupun kerang. Mesin pengeruk akan mengeruk dasar laut untuk mengumpulkan tiram atau kerang.

  1. Metode tarik

Sesuai namanya, metode yang satu ini menggunakan jaring tarik untuk menangkap ikan. Nelayan komersial akan menggunakan jaring panjang dan juga tali tambahan yang sama panjangnya. Tali akan diikat pada jaring. Dilempar ke laut selama beberapa jam, baru kemudian diangkut kembali ke pantai. Metode yang satu ini biasanya digunakan untuk menangkap ikan kakap, mullet, flatfish, bahkan menangkap kepiting pun juga bisa.

  1. Metode pot

Metode ini biasanya menggunakan wadah yang terbuat dari baja lalu ditutupi dengan kawat. Wadah atau pot ini akan dijatuhkan ke laut dengan umpan ikan. Pot ini juga diikatkan dengan tali. Biasanya ikan cod atau lobster akan masuk dalam perangkap pot ini. Baru kemudian potnya diangkat.

Itu dia 4 metode penangkapan ikan.