Berkreasi Dengan Tumpeng Hias

By | May 3, 2018

Tumpeng merupakan salah satu makanan wajib yang selalu disajikan dalam berbagai macam acara tradisional di Indonesia.  Tidak heran, karena Tumpeng memang diidentikkan dengan banyak makna baik di dalamnya. Namun seiring berjalannya waktu, tumpeng mulai ditinggalkan karena dianggap sudah ketinggalan zaman. Hal ini tentu menjadi  sebuah dorongan bagi masyarakat asli Indonesia untuk membuat variasi tumpeng hias agar tampilannya menjadi lebih menyenangkan.

Apa Sajakah Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Tumpeng Hias Ini?

Pertama, buatlah tumpeng sesuai dengan jenis acara yang Anda selenggarakan. Di masa lalu, kita sangat familiar dengan bentuk tumpeng yang bentuknya selalu kerucut. di masa kini, kita bisa lebih membuat improvisasi. Sebagai contohnya ialah membuat tumpeng untuk si buah hati yang sedang merayakan ulang tahun. Tentu kita dapat membuat tumpeng yang lebih familiar dengan dunia anak, yaitu di bentuk seperti tokoh kartun terkenal, tokoh superhero, atau bentuk-bentuk binatang.

Kedua, variasikan bahan dasar tumpeng.  Selain bentuknya yang kerucut, tumpeng juga selalu diidentikkan terbuat dari bahan dasar nasi kuning, padahal tidak ada salahnya jika kita explore bahan-bahan dasar tersebut. Sehingga kita dapat membuat tumpeng hias dengan bahan dasar nasi putih, nasi uduk, nasi merah, atau bahkan nasi goreng.

Ketiga, bermainlah dengan warna. Semakin banyak warna, semakin indah tumpeng yang Anda buat. Warna yang di maksud adalah perpaduan antara lauk dan sayur yang Anda lengkapkan pada sajian tumpeng. Misalnya, warna hijau segar bisa Anda dapatkan dari daun bayam, warna oranye menyala dapat Anda dapatkan dari irisan wortel, dan warna kuning cerah bisa Anda dapatkan dari telur dadar yang di iris memanjang. Jangan lupa untuk menambahkan lauk sebagai pelengkap tumpeng agar menjadi lebih menggugah selera seperti ayam goreng, kering tempe, atau sayur gudangan.

Keempat, sesuaikanlah porsi tamu undangan dengan tumpeng hias yang akan Anda buat. Hal ini dimaksudkan agar lauk dan sayur yang Anda sajikan tidak terbuang percuma ketika tamu yang memang Anda undang tidaklah terlalu banyak.