Budidaya Pohon Gaharu Yang Menguntungkan

By | February 23, 2018

Pohon gaharu merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dimana saja. Pohon gaharu dapat tumbuh di dataran dengan ketinggian sekitar 0 hingga 1200 mdpl. Namun tanaman tersebut tidak dapat tumbuh baik di wilayah genangan seperti rawa-rawa. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan pada bagian kayunya. Hasil penjualan kayu gaharu dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Keuntungan yang dapat Anda raih dari penjualan kayu gaharu dapat mencapai puluhan juta rupiah. Oleh karena itu, peluang bisnis budidaya tanaman gaharu menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Rahasia Budidaya Tanaman Gaharu

Proses penanaman tanaman gaharu dapat dikatakan gampang-gampang susah. Anda tentu harus berhati-hati saat melakukan penanaman pohon gaharu. Jika Anda tidak berhati-hati, maka akibatnya tanaman gaharu yang Anda tanam tidak tumbuh secara maksimal. Oleh karena itu Anda harus memiliki pertimbangan sebelum melakukan budidaya tanaman gaharu. Beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat akan memulai budidaya tanaman gaharu diantaranya yaitu:

– Memilih bibit dengan cermat. Sebelum Anda menanam pohon gaharu, tentu u Anda harus memilih bibit gaharu yang baik. Ciri-ciri bibit tanaman gaharu yang baik yaitu bebas dari hama penyakit dan tanamannya memiliki diameter sekitar 10 cm dan tinggi pohon sekitar 20 cm sampai 30 cm.

– Persiapan Lahan. Lahan yang akan Anda gunakan untuk penanaman sebaiknya merupakan lahan yang subur. Pastikan kondisi lahan memiliki nutrisi yang mencukupi kebutuhan tanaman. Bersihkan lahan dari rerumputan maupun gulma.

– Proses penanaman. Pastikan jarak tanam pohon tidak terlalu dekat agar proses pertumbuhan tanaman tak terganggu.

– Proses perawatan. Saat proses penanaman pastikan pohon gaharu dinaungi oleh jerami  atau dedaunan. Atur agar intensitas cahaya matahari yang masuk tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Berikan perawatan dengan memberikan pupuk alami agak tidak mencemari lingkungan.

– Pantaulah tanaman gaharu secara rutin. Jika tanaman terkena hama penyakit, maka segeralah lakukan penanganan. Anda sebaiknya melakukan penanganan secara alami untuk mencegah terjadinya hama yang resisten.

Beberapa tips di atas dapat Anda aplikasikan saat akan memulai usaha budidaya tanaman gaharu. Anda perlu kesabaran dan ketekunan saat memulai usaha ini.