Cara Memimpin Organisasi dengan Baik

By | March 27, 2018

Organisasi adalah sebuah perkumpulan yang tersusun secara sistematis, yang memiliki tujuan yang sama untuk ke depannya. Untuk menjadi sebuah organisasi yang baik, seorang pemimpin haruslah tahu cara menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana menurut Islam.

Apa itu pemimpin?

Pemimpin adalah seorang yang menjadi rujukan anggotanya. Dan seorang pemimpin adalah seorang yang memimpin yang menjadi ujung tombak suatu organisasi tersebut hingga tercapainya tujuan bersama. Kepemimpinan adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik.

Menjadi seorang pemimpin banyak yang mengatakan adalah hal yang sulit karena seorang pemimpin memikul banyak tanggung jawab yang berat dan besar. Namun tidak semu orang berpandangan seperti itu. Kita tahu bahwa untuk menjadi seorang pemimpin juga keinginan banyak orang. Di antara kita banyak yang berlomba-lomba menjadi pemimpin golongannya.

Seperti di masa dulu, setelah wafatnya Rosul. Untuk menjadi seorang pemimpin umat banyak sekali kejadian yang terjadi saat itu. Dan bahkan ada juga yang melakukan peperangan untuk menjadi seorang pemimpin.  Menjadi seorang pemimpin adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang tertentu.

Bagaimana cara memimpin yang baik?

Untuk menjadi pemimpin yang baik, kita haruslah mencontoh seorang yang dapat memimpin golongannya dengan baik, seperti halnya Rosul. Beliau adalah sosok yang diidamkan oleh semua umat. Beliau tahu betul bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana menurut Islam. Beliau berpedoman pada Quran dan Sunah, sehingga beliau dapat memimpin dengan baik.

Selain itu, untuk menjadi pemimpin yang baik kita jangan terlalu angkuh dengan anggota kita. Kita akan dihormati dan terlihat wibawa jika kita tidak angkuh atau sombong dengan anggota kita. Sifat satu ini mungkin susah namun banyak orang yang menyukainya. Karena kebanyakan seorang jika sudah menjadi pemimpin beliau akan lupa dengan seorang yang kedudukannya di bawahnya.

Yang terpenting untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah kita mampu mengayomi dan memberikan jalan keluar di saat anggota kita memiliki permasalahan. Jika kita telah melakukan cara yang telah disebutkan untuk ke depannya kalian sudah tahu bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dan bijaksana menurut Islam.