Cara Mencegah Penyakit Ginjal

By | April 2, 2018

Ginjal merupakan organ yang banyak berperan dalam penyaringan atau pembuangan limbah. Ginjal tentunya harus dijaga dengan baik agar tidak terkena berbagai masalah. Untuk menjaga ginjal tetap sehat sebenarnya caranya sangat mudah. Ginjal tentunya harus dijaga kesehatannya, sebab jika sudah rusak pengobatannya akan sangat sulit dan memakan biaya yang besar. Jika ginjal sudah terlalu parah maka dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal yang pengobatannya yaitu dengan cuci darah dan juga dengan transplantasi ginjal. Penyakit diabetes dapat merusak pembuluh darah pada ginjal. Kemudian secara otomatis, ginjal seseorang mengalami penurunan fungsi sebesar 10% ketika usianya menginjak  30 hingga 40 tahun.

Mencegah Penyakit Ginjal Sejak Dini

Penyakit ginjal sebaiknya dicegah dari pada diobati. Jika Anda berhasil merawat ginjal dari awal maka risiko penyakit gagal ginjal atau bahkan penyakit ginjal lainnya dapat ditekan. Untuk mencegah penyakit ini maka sebaiknya Anda melakukan beberapa hal berikut, pertama bagi Anda yang mempunyai penyakit diabetes maka sebaiknya untuk selalu memanajemen tekanan darah, kadar gula dalam darah dan kadar kolesterol melalui diet yang sehat dan olahraga teratur. Kemudian Anda juga perlu untuk mengurangi asupan garam, hal tersebut karena natrium yang terkandung dalam garam dapat memicu pembentukan batu ginjal. Kemudian sangat penting untuk meminum air putih yang banyak setiap hari. Air putih dapat membantu ginjal untuk membuang semua racun yang ada dalam tubuh.

Hindari menahan buang air kecil. Menahan buang air kecil dapat mempengaruhi kandung kemih yang merupakan tempat penampungan urine sementara. Jika kandung kemih membentang melebihi kapasitasnya maka dapat mempengaruhi filtrasi pada ginjal. Kemudian hal yang mempengaruhi selanjutnya adalah mengenai pola makan, karena semua proses di tubuh, hampir semuanya dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi. Kemudian sangat penting untuk minum minuman yang bergizi seperti jus dan menghindari soft drink. Kemudian jika Anda mengalami masalah dengan ginjal maka sebaiknya menghindari jus bit dan jus bayam, karena keduanya mengandung asam oksalat yang dapat memicu pembentukan batu ginjal.