Cara Menghindari Lowongan Kerja Palsu

By | June 15, 2017

Saat ini ada banyak sekali lowongan pekerjaan yang dapat kita temukan dengan mudah di Koran, majalah, job fair, maupun internet. Kita dapat dengan mudah mencari berbagai lowongan pekerjaan sesuai apa yang kita inginkan di internet. Mulai dari lowongan kerja pabrik hingga posisi lain yang kita inginkan tersedia semuanya di internet. Sayangnya, tidak semua iklan lowongan pekerjaan tersebut dapat kita percaya. Bukan hal baru lagi bagi kita untuk mengetahui sudah ada banyak korban penipuan dari lowongan kerja palsu yang tersebar luas di internet.

Lowongan Kerja Bodong Yang Merugikan

Berbagai penawaran menarik dari lowongan kerja pabrik yang ditawarkan dengan gaji tinggi dan kerja yang mudah. Hal demikian banyak dilakukan hanya untuk menipu para pelamar kerja, terlebih bagi fresh graduate yang masih baru menjajaki dunia kerja. Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati ketika akan melamar kerja dan memastikan bahwa perusahaan yang kita lamar adalah perusahaan kredibel. Berikut beberapa tips atau cara agar kita terhindar dari penipuan pada lowongan kerja.

  1. Menggali informasi tentang perusahaan

Sebelum memutuskan untuk melamar kerja di perusahaan A, sangat disarankan untuk mengetahui profil dan latar belakang perusahaan. Dengan mengetahui informasi mengenai perusahaan, kita akan tahu seberapa kredibel perusahaan tersebut dalam memperkerjakan karyawan. Selain itu, perusahaan abal-abal biasanya akan mencantumkan informasi yang tak begitu jelas tentang perusahaan mereka. Jadi kita harus berhati-hati saat memilih perusahaan yang akan kita lamar.

  1. Jangan mau mengeluarkan biaya

Satu hal yang harus kita tahu bahwa semua perusahaan tidak akan memungut biaya apapun untuk para pelamar kerja. Jika kita sudah diminta untuk membayar sesuatu padahal kita baru saja melamar. Maka lebih baik jangan teruskan lamaran yang kita lakukan karena hal tersebut kemungkinan besar adalah penipuan.

  1. Memilih situs yang tepat

Lowongan kerja pabrik atau lowongan lainnya dapat kita temukan dengan mudah pada situs-situs penyedia lowongan kerja di internet. Ada banyak situs yang menyediakan informasi seputar lowongan kerja. Namun tidak semua dari situs tersebut benar-benar memuat informasi yang terpercaya. Oleh karena itu, kita juga harus memilih situs pencari kerja yang terpercaya.