Cara Menjaga Kesehatan Mata

By | April 30, 2018

Mata merupakan sinar dari dunia, dimana mata ini berfungsi untuk melihat berbagai hal yang ada. Tanpa adanya mata, maka segala sesuatu tidak bisa dinilai dari bentuk, warna, dan rupanya. Kini banyak sekali orang yang menderita kelainan pada mata, misalkan rabun dekat, rabun jauh, dan silinder. Mungkin kelainan ini kini banyak yang mengalaminya dan menjadi hal yang biasa. Namun meskipun demikian hal ini perlu diobati dan diatasi. Misalkan dengan melakukan senam mata dengan menggunakan alat-alat tertentu atau melakukan operasi.

Tips Mudah Menjaga Mata Tetap Sehat

Untuk menjaga kesehatan mata, maka pola hidup juga harus dirubah, mulai dari kebiasaan belajar, bermain di depan gadget, dan lain sebagainya. Usahakan untuk tidak terlalu lama berada di hadapan layar, baik layar komputer televisi, maupun layar gadget. Jika terlalu lama maka mata akan merasakan lelah, karena banyak cahaya yang masuk ke mata. Atur juga kapasitas cahaya, jangan terlalu terang dan jangan pula terlalu redup. Ketika Anda belajar, aturlah posisi belajar Anda, yakni jangan membaca sambil tiduran. Bacalah sambil duduk dengan jarak antara mata dan tulisan sekitar 30 cm.

Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Pasalnya, vitamin A ini sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan mata. Makanan yang mengandung vitamin A antara lain adalah wortel, apel, alpukat, dan sayuran. Anda bisa mengolah bahan ini menjadi berbagai macam bentuk makanan atau minuman. Misalkan Anda bisa membuatnya menjadi jus.

Untuk menunjang kesehatan mata Anda, Anda bisa melakukan pemeriksaan mata dengan rutin. Dengan demikian Anda bisa tahu apakah ada perkembangan yang baik pada mata Anda atau tidak. Anda juga perlu melakukan olahraga yang teratur untuk menjaga kesehatan mata Anda ini. Karena pada dasarnya ada berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya kelainan pada mata.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Jika Anda ingin mendapatkan mata yang sehat, maka sebaiknya Anda jangan melakukan pola hidup yang buruk. Mulai kurangi intensitas bermain gadget dan di depan laptop. Sesekali istirahatkan mata Anda supaya syaraf-syarafnya tidak tegang. Dengan demikian, maka Anda bisa mendapatkan mata yang sehat.