Cara Mudah Merawat Pintu Kayu Jati

By | April 8, 2018

Pintu kayu yang terbuat dari bahan kayu jadi masih menjadi nomor satu saat ini karena memang sesungguhnya kayu jati ini memiliki kualitas prima, dengan nilai keawetan, kekuatan, dan keindahan yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh kayu jati memang secara alami memiliki semacam minyak esensial di dalam selnya, yang mampu membuat kayu ini dapat awet dan tahan lama. Selain itu, kayu jati juga bertekstur padat yang menjadikannya sangat keras. Namun, meskipun kayu ini tergolong keras, kayu jati dapat dibentuk sesuai kebutuhan sehingga kayu ini sangat cocok untuk dijadikan bahan pembuatan kusen, pintu, ataupun furniture lain.

Tips Agar Kusen Jati Lebih Awet

Sebenarnya, ada beberapa langkah mudah untuk merawat kusen dan pintu kayu jati agar bisa bertahan lebih lama lagi. Meskipun kayu jati memiliki sifat tahan lama yang alami, namun langkah-langkah ini perlu juga dilakukan agar kusen, pintu, ataupun furniture yang terbuat dari kayu jati bisa lebih awet. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah langkah perawatan ini perlu dilakukan secara berkala dan konsisten agar hasilnya bisa optimal. Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk merawat kusen kayu jati Anda adalah dengan membersihkannya dari berbagai macam kotoran seperti debu dan kotoran lainnya. Kusen kayu yang berdebu perlu dibersihkan dengan segera agar debu tersebut tidak mengerak lalu meninggalkan noda dan bercak yang sulit dihilangkan.

Salah satu cara sederhana dan alami untuk membersihkan bercak dan noda pada kusen kayu jati Anda adalah dengan menggunakan kemiri. Caranya, ambil beberapa butir kemiri, lalu bakar kemiri tersebut hingga hangus dan mengeluarkan minyak. Setelah itu, kemiri yang sudah dibakar tersebut lalu dibungkus dengan menggunakan kain yang memiliki pori-pori yang agak besar. Lalu, tumbuk kemiri bakar yang telah dibungkus kain hingga minyaknya meresap ke dalam kain. Gunakan untuk mengelap kusen, pintu, dan furniture kayu jati. Minyak kemiri alami mampu menghilangkan noda dan bercak pada kusen kayu jati. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar kayu jati, Anda bisa mengunjungi situs Pintukayujati.com.