Ciri Khas Smart City Yang Tepat Guna

By | May 15, 2018

Bagi yang sudah merasakan manfaat dari adanya konsep Smart City Jakarta tentunya berharap bahwa konsep tersebut juga bisa diterapkan di berbagai kota besar lainnya. Ada sekitar 500 kota lebih yang bisa di kembangkan menjadi sebuah kota pintar. Namun melihat jumlahnya tentu disadari untuk melakukan hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

Sebelumnya pihak pemerintah pusat akan menyeleksi kota mana yang tepat dan memiliki peluang strategis untuk menjadi kota pengembangan smart city. Setelah dipilih akan di berikan option pada pihak kota untuk menerima tantangan masuk ke dalam jajaran kota calon smart city bersama kota lainnya. Barulah kemudian di lakukan perencanaan yang matang.

Beberapa Ciri Khas Smart City Yang Tepat Guna

Ada beberapa ciri khas dari smart city yang juga dimiliki oleh Smart City Jakarta. Ciri khas tersebut bahkan dijadikan daya tarik tersendiri bagi pemerintah kota yang bersangkutan untuk memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung sekaligus warga yang ingin tinggal di sana.

Ciri khas yang pertama adalah adanya layanan publik yang lebih cepat dan mudah. Jika dahulu untuk mendapatkan sebuah layanan untuk pembuatan KTP, SIM atau pembuatan berbagai jenis kartu yang Kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan waktu berhari-hari bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Kini layanan tersebut bisa Kita nikmati dalam waktu yang cukup singkat.

Bukan hanya layanan publik saja, namun juga layanan transportasi pun menjadi lebih mudah. Kita bisa mendapatkan alat transportasi dengan mudah, murah, cepat sekaligus aman. Karena seiring berkembangnya zaman, kini yang bekerja bukan hanya kaum pria saja. Banyak wanita karier yang membutuhkan jasa alat transportasi umum yang aman untuk mereka gunakan.

Dan yang terakhir adalah pemenuhan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh dan merata. Hal ini menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi untuk lingkup sebuah kota yang besar. Sebuah kota di katakan sebagai smart city bila mampu mengadakan pemenuhan kebutuhan masyarakat secara maksimal. Di antaranya pengadaan air bersih dan pengelolaan limbah dengan optimal. Demikian beberapa hal yang menjadi ciri khas dari sebuah kota pintar khususnya Smart City Jakarta.