Faktor Risiko Terjadinya Kanker

By | February 5, 2018

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat kronis. Siapa pun bisa menderita ini, baik pria maupun wanita, tua maupun muda, dan tidak pandang bulu. Banyak sekali orang yang berusaha untuk memiliki tubuh yang sehat dengan berbagai cara. Karena sehat itu sangatlah mahal harganya. Namun Anda juga perlu mengetahui sebenarnya apa saja yang menyebabkan penyakit ini sangat mudah diderita oleh banyak orang. Sebenarnya, apa yang menyebabkannya?

Apa Saja Faktor Risiko Menderita Kanker?

Ada berbagai faktor risiko yang mampu meningkatkan peluang menderita penyakit mengerikan ini. Pertama adalah usia. Banyak orang yang terdeteksi penyakit ini ketika usia sudah menginjak tua. Pada dasarnya, ini berkaitan erat dengan perkembangannya, dimana perkembangannya terjadi begitu lama. Meskipun itu bisa terjadi pada siapa pun dan kapan pun. Rata-rata orang yang menderita kanker adalah orang usia sekitar 65 tahun.

Kedua adalah karena riwayat keluarga. Apabila salah satu anggota keluarga memiliki penyakit ini, maka anggota keluarganya juga berpotensi besar untuk menderita penyakit yang sama. Untuk itu, sebaiknya dilakukan pengecekan genetik sehingga ada tidaknya mutasi genetik bisa diketahui. Ketiga adalah karena kondisi kesehatan yang kronis. Bagi Anda yang menderita penyakit kronis, maka Anda harus lebih berhati-hati. Karena bagi penderita penyakit kronis sangat tinggi risiko terjadi penyakit ini. Contohnya adalah penyakit colitis ulseratif yang mampu meningkatkan risiko kanker usus besar.

Keempat adalah faktor lingkungan. Anda tidak boleh menyepelekan lingkungan dan berpikir lingkungan tidak akan ada pengaruhnya apa-apa terhadap kesehatan. Nyatanya, faktor lingkungan ini bisa menyebabkan risiko kanker seseorang. Misalkan jika tinggal di lingkungan yang terdapat begitu banyak asap rokok. Maka risiko terjadinya penyakit ini akan semakin tinggi, khususnya penyakit pada paru-paru.

Faktor kelima adalah karena infeksi. Nyatanya, virus bisa menyebabkan penyakit ini. Misalkan hepatitis B dan C yang bisa mengakibatkan penyakit kanker hati. Terakhir adalah karena gangguan dari sistem kekebalan tubuh. Bagi orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, sangat mudah untuk menderita penyakit ini. Anda bisa buka website Sadarasuransi.id untuk melihat informasi dengan detail.