Hal Yang Dilakukan Ibu Setelah Melahirkan Buah Hati

By | January 7, 2018

Kelahiran dari anak merupakan saat yang paling ditunggu oleh semua pasangan suami istri, apalagi anak yang dinantikan ini adalah anak pertama pasti lebih dinantikan. Proses kelahiran memang sangat membahayakan untuk ibu dan juga bayi, jadi jika proses ini berhasil maka rasa puas dan haru akan dirasakan oleh pasangan suami istri. Jika anak sudah lahir maka hal yang pertama harus dilakukan ibu adalah melakukan inisiasi menyusui dini, proses ini akan sangat banyak manfaatnya jika dilakukan.

Manfaat Dari Inisiasi Menyusui Dini

Bagi seorang ibu anak adalah hal anugerah yang terindah yang diberikan sang pencipta, jika sudah diberikan kepercayaan memiliki anak maka harus dilakukan dengan baik. Untuk ibu yang baru saja melahirkan pasti akan diberikan kesempatan melakukan inisiasi menyusui dini, proses ini memang sudah menjadi program yang dibuat di beberapa rumah sakit.

Manfaat dari proses tersebut memang sudah banyak dirasakan oleh ibu muda yang belum pernah memiliki anak. Untuk dapat mempelajari apa saja manfaat dari proses di atas, ibu muda bisa mempelajari penjelasannya yang ada di bawah ini.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Jika bayi melakukan inisiasi dini maka tubuh dari bayi tersebut akan memiliki daya tahan yang bagus, sehingga bayi akan sulit untuk terkena penyakit. Bayi akan mendapatkan ASI kolostrum yang kaya akan zat kekebalan dari proses tersebut, Jadi tidak heran jika banyak ibu yang melakukan inisiasi ini.

  • Mencegah Bayi Sakit

Pada saat bayi baru dilahirkan kondisi bayi sangatlah lemah, dengan proses inisiasi ini akan membuat tubuh bayi akan selalu hangat. Sehingga bayi akan terhindar dari kondisi hipotermia atau suhu tubuh rendah dan kadar gula yang rendah.

  • Melatih Bayi Dalam Meminum ASI

Dengan melakukan inisiasi menyusui dini maka bayi akan diberikan pelatihan bagaimana meminum ASI yang benar, jadi jika bayi sudah melakukan proses ini waktu lahir maka bayi akan mahir meminum ASI. Sehingga pemberian susu formula tidak perlu dilakukan untuk bayi dalam usia yang masih muda.