Hal Yang Perlu Dilakukan Waktu Anak Baru Lahir

By | May 22, 2018

Moment kelahiran dari buah hati memang moment yang sangat dinantikan oleh semua calon orang tua, lamanya waktu kehamilan membuat moment tersebut sangat sulit untuk dilewatkan. Jika anak sudah lahir hal yang harus dilakukan oleh ibu adalah melakukan inisiasi menyusui dini, hal ini perlu dilakukan supaya bayi dapat mengetahui bau dari ibunya. Sehingga waktu menyusui anak akan mudah melakukan hal tersebut dan tidak perlu diarahkan untuk dapat meminum ASI.

Cara Melakukan Inisiasi Menyusui Dini Yang Benar

Untuk ibu muda pasti belum paham dengan benar apa itu proses inisiasi menyusui dini, proses ini adalah proses di mana anak akan dikenalkan dengan baud an juga diajarkan meminum ASI dengan benar. Banyak ibu muda yang tidak melakukan hal ini, akibatnya dalam menyusui anak akan mengalami kesulitan. Jika sudah seperti itu kebutuhan ASI yang dibutuhkan anak akan sangat sulit untuk terpenuhi.

Memang proses inisiasi ini sangat perlu diajarkan untuk pasangan muda, supaya jika dalam proses melahirkan tidak bingung untuk melakukan inisiasi tersebut. Untuk mempelajari bagaimana proses ini bisa dilakukan dengan benar, berikut ini adalah caranya.

  • Perhatikan Kondisi Suhu Ruangan

Untuk melakukan proses ini kondisi ruangan harus sangat diperhatikan, karena kondisi bayi itu masih rentan jadi ruangan harus dalam keadaan hangat. Jika ruangan itu dingin maka bayi akan sulit untuk melakukan hal tersebut dan akan membahayakan kondisi bayi.

  • Letakkan Bayi Pada Perut

Proses ini harus dilakukan dengan sangat benar, bayi itu harus bisa melakukan hal ini tanpa ada bantuan dari orang tua. Posisi bayi itu harus ada pada perut ibunya, jadi ini akan memudahkan bayi dalam meminum ASI. Jika bayi sudah mengetahui tempat untuk meminum ASI maka untuk ke depannya tidak akan kesulitan dalam melakukan hal tersebut.

Proses inisiasi menyusui dini memang perlu dilakukan sedini mungkin, karena jika terlambat untuk dilakukan akan membuat bayi susah dalam meminum ASI secara langsung. Jika bayi sudah kesulitan meminum ASI, maka kondisi dari bayi tersebut akan rentan untuk sakit jadi harus sangat diperhatikan proses ini.