Hamil Muda? Lakukan Aktivitas Berikut Ini!

By | January 13, 2018

Mungkin banyak yang menganggap jika sedang hamil muda, segala macam aktivitas harus dikurangi. Hal tersebut benar, tetapi bukan berarti Anda harus menghentikan semua aktivitas. Pasalnya ketika sedang menjadi ibu hamil, olahraga menjadi sebuah hal begitu penting demi kelancaran saat proses persalinan. Banyak wanita hamil yang merasa kesulitan ketika persalinan, itu sebenarnya terjadi karena ketika sedang dalam masa hamil, mereka jarang bergerak. Rasa lelah yang mudah dirasakan memang akan membuat ibu yang hamil merasa malas melakukan aktivitas. Akan tetapi demi kelancaran proses lahiran, janganlah Anda bermalas-malasan. Cobalah lakukan berbagai macam aktivitas ringan setiap harinya.

Aktivitas Yang Menyehatkan Janin Bagi Ibu Hamil

Aktivitas yang pertama, jalan santai. Meskipun terdengar mudah, namun banyak ibu yang sedang hamil yang malas untuk melakukannya secara rutin. Padahal dengan berjalan santai maka janin yang ada dalam kandungan ibu hamil akan sehat. Selain itu perasaan pun menjadi lebih tenang dan tidak stress. Jalan santai ini akan lebih tepat dilakukan ketika pagi hari. Sehingga suasananya masih sepi, tenang dan udaranya pun sejuk. Aktivitas kedua adalah berenang. Renang adalah olahraga yang paling baik untuk para ibu yang sedang hamil. Pasalnya dengan berenang, tekanan yang ada di punggung akan berkurang. Selain itu kaki yang mudah lelah pun akan berkurang.  Aktivitas berikutnya adalah Yoga.

Yoga sebenarnya tidak semuanya aman bagi ibu yang sedang hamil. Namun terdapat beberapa gerakan yang sangat baik untuk kesehatan janin. Untuk itu Anda membutuhkan instruktur yoga yang tepat dan lakukan konsultasi lebih dahulu kepada dokter kandungan. Aktivitas yang berikutnya adalah olahraga statis. Jika Anda tidak nyaman untuk bersepeda di luar rumah, maka Anda bisa bersepeda menggunakan sepeda statis. Lakukanlah secara perlahan dan jangan sampai terlalu cepat. Kemudian aktivitas terakhir, lakukan pekerjaan rumah. Ini merupakan aktivitas yang paling mudah dilakukan. Selain bisa menyehatkan janin, rumah pun menjadi lebih tertata dan enak dilihat.  Itulah aktivitas ringan yang dapat dicoba oleh para ibu hamil, terutama bagi yang kehamilannya masih dalam trimester pertama.