Hidup Sehat Anak Kost

By | January 22, 2018

Bagi sebagian orang terutama mahasiswa, makan sehat biasanya diidentikkan dengan makanan mahal. Karena untuk mahasiswa yang ingin makan makanan sehat perlu mengeluarkan uang lebih agar bisa membeli makanan yang dapat mencukupi kebutuhan gizi mereka. Kalau kamu seorang mahasiswa dan ingin mendapatkan manfaat dari makanan 4 sehat 5 sempurna tentu harus membeli nasi, lauk-pauk, sayur, buah, dan susu. Membelinya akan terlalu memakan uang yang banyak kalau dibandingkan dengan makan mie instan.

Biaya Bukanlah Alasan Untuk Tidak Sehat

Demi menekan pengeluaran yang berlebih, anak kost biasanya lebih memilih untuk makan makanan yang berharga murah agar tetap bisa makan hingga akhir bulan. Tidak jarang pula membeli makanan murah tidak dengan memperhatikan kesehatan makanannya, yang penting makan. Untuk menyiasati hal ini, agar tetap sehat dan menghemat biaya, ikuti beberapa tips berikut.

  1. Buatlah Daftar Belanjaan

Kalau kamu adalah wanita mungkin hal ini tidak terlalu memberatkan, tetapi jika pria hal ini menjadi salah satu hal yang cukup merepotkan karena biasanya pria tidak tahu banyak mengenai belanja. Tetapi hal ini terbukti efektif karena bisa menekan biaya makanmu sehari-hari. Belilah bahan makanan dari pasar seperti sayur, bumbu dapur, dan buah-buahan. Masaklah bersama teman kost kamu.

  1. Belanja Dalam Jumlah Besar

Walaupun akan terasa berat saat membayar, tetapi membeli dalam jumlah besar biasanya akan mendapat potongan harga dibanding membelinya per biji. Stok bahan makanan yang banyak juga bisa kamu gunakan untuk makan pada hari setelah-setelahnya. Jadi, tidak setiap hari kamu harus mengeluarkan uang untuk beli makan.

  1. Kurangi Konsumsi Daging

Daging memang terkenal memiliki harga yang cukup tinggi, terlebih lagi jika bentuk daging sekarang sudah dibuat nugget atau daging kalengan akan lebih mahal harganya. Gantilah kebiasaan mengonsumsi daging yang memiliki harga mahal ini dengan makanan lain seperti kacang-kacangan, telur, tahu, atau tempe untuk menggantikan protein yang biasanya didapat dari daging.

  1. Ganti Snack dengan Buah

Makan snack memang enak dan membuat ketagihan. Akan tetapi sebenarnya snack tidak memiliki manfaat yang baik. Dibanding harus membeli snack, lebih baik gunakan uangmu untuk membeli buah yang sudah jelas sehatnya.