Ini Alasan Dari Dilakukannya Divestasi 51% Saham Freeport

By | March 12, 2018

Divestasi Freeport memang merupakan langkah yang sedang ditempuh oleh pemerintah agar bisa menguasai pertambangan emas PT Freeport. PT Freeport McMoran merupakan perusahaan Amerika yang memang sudah menguasai pertambangan emas di Papua sedari dulu. Adanya perjanjian yang telah disepakati antara Freeport dan pemerintah dari zaman dulu membuat pengelolaannya sulit untuk diambil alih. Langkah pembelian saham inilah yang membuat Indonesia memiliki jalan terang dalam langkah mencoba untuk mengambil alih pengerukan emas yang dilakukan oleh PT Freeport.

2 Alasan Dilakukannya Divestasi Freeport

Langkah pengambilalihan PT Freeport memang kini sudah mulai terbuka. Pihak pemerintah dan PT Freeport sudah menandatangani perjanjian yang berisi rencana pembelian saham PT Freeport sebesar 51%. Dengan kepemilikan saham mayoritas inilah langkah pengelolaan sumber daya emas bisa diambil alih. Berikut beberapa alasan dipilihnya langkah divestasi 51% saham PT Freeport:

  • Peran penting PT Freeport yang masih menguntungkan

Alasan pertama dipilihnya langkah divestasi Freeport sebesar 51% memang dikarenakan pemerintah Indonesia masih menilai jika peran PT Freeport masih dibutuhkan. Sepak terjang PT Freeport dalam pengelolaan penambangan hingga penjualan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bisa saja pemerintah mencoba menguasai saham lebih besar, namun mengenai penguasaan teknologi pertambangan, pengolahan, hingga penjualan masih perlu dipelajari terlebih dahulu. Akan lebih baik jika bekerja sama terlebih dahulu daripada langsung menguasai PT Freeport.

  • Nilai uang yang diperlukan

Penguasaan saham PT Freeport seluruhnya tidaklah murah. Harga yang harus dibayar Indonesia senilai dengan nilai pasar saham yang ada sekarang. Jika nilai total saham PT Freeport sebesar 100 triliun rupiah, maka Indonesia harus menyiapkan uang sebesar 51 triliun untuk mengakuisisinya. Dengan 51% saham yang dimiliki, maka pemerintah sudah cukup untuk memiliki peran penting dalam kepemilikan PT Freeport. Dengan keuntungan besar yang didapat, maka diharapkan nantinya bisa untuk digunakan mengambil alih seutuhnya PT Freeport.

Langkah divestasi Freeport memang masih baru pada proses awal. Namun pemerintah Indonesia tentunya tidak akan mengambil langkah tanpa perhitungan yang matang. Pemerintah pasti akan selalu melihat kepentingan rakyatnya termasuk juga pada proses pengambilan tambang emas PT Freeport.