Jadi Makin Tahu ! Alat Musik Paling Mahal Di Dunia

By | January 17, 2018

Di Alatmusik identik dengan yang namanya aturan nada atau yang sering dikenal dengan tangga nada. Yup, tangga nada sendiri merupakan sebuah aturan atau pedoman untuk seseorang menciptakan sebuah lagu tertentu yang mana bertujuan agar enak didengar. Tangga nada tersebut memiliki jenis-jenis yang bermacam-macam. Seperti tangga nada yang terdiri hanya 7 buah tangga nada saja. Tangga nada ini dinamakan sebagai tangga nada diatonis, kenapa? Tangga nada ini hanya memiliki 2 jarak saja di dalam jenis tangga nadanya, yakni hanya 1 dan ½.

Lalu, Adakah Alat Musik Yang Memiliki Harga Yang Fantastis?

Di Alatmusik tangga nada diatonis ini memiliki  jenis tangga nada, yakni tangga nada mayor dan tangga nada minor.  Tanda nada mayor biasanya digunakan dalam penciptaan lagu yang memiliki kesan semangat, bahagia, romantis, dan lainnya. Makanya tangga nada mayor ini lebih dominan dengan jarak angka 1. Contoh lagunya seperti lagu dari penyanyi Solois tulus yang berjudul “manusia kuat” misalnya.

Berbeda dengan tangga nada minor ini. Yang mana tangga nada ini sering dipakai untuk membuat lagu yang memberikan kesan sedih, kecewa, serta kurang bersemangat. Contoh lagu Indonesia yang memakai tangga nada ini ialah dari penyanyi terkenal BCL dengan lagu “sunny”.  Lalu tangga nada yang lain ialah tangga nada pentatonis.

Tangga nada ini hanya memiliki 5 tangga nada pokoknya. Kenapa? Berasal dari namanya saja penta berarti lima dan tonis atau tone berarti nada, yang mana jarak antara nada satu dengan yang lain berbeda-beda. Biasanya lagu-lagu dengan menggunakan nada ini ialah lagu-lagu Jawa, seperti slendro serta pelog.

Nah, kembali ke awal, ada beberapa alat musik yang mana memiliki harga yang fantastis diantaranya:

  1. Biola buatan antonio stradiva

Yup, biola yang dinamakan the hammer violin ini merupakan salah satu mahakarya antonio dalam bidang musik. Beliau memang terkenal dengan pembuatan alat musik terbaik sepanjang masa. Mahakaryanya ini dibanderol dengan harga kisaran hampir 47 miliar jika di rupiahkan.

  1. Ada juga gitar termahal buatan fender

Gitarnya ini sengaja dinamakan sebagai eric clapton’s blackie stratocaster sebagai mahakaryanya juga dibidang musik. Kenapa mahal? Gitar ini telah banyak digunakan oleh seniman-seniman internasional yang sudah melegenda di dunia, salah satunya ialah Jimmi Hendrik. Walaupun di produksi di tahun 50an, namun nyatanya di era sekarang gitar ini sudah termasuk gitar termahal didunia. Jika dirupiahkan gitar ini dibanderol harga mencapai 12 miliar lebih.

  1. Ada gitar yang dirancang oleh martin and company

Yup, bayangkan saja, untuk membeli satu gitarnya Anda harus merogoh kocek sebesar 7 miliar lebih jika dirupiahkan. Kenapa? Setiap gitar yang diproduksi pasti akan selalu habis, karena mereka membatasi jumlah produksinya, yakni sebanyak 15 buah saja di dunia. Nah, untuk info lebih lengkap lagi, bisa kunjungi ke Alatmusik.org.