Jenis-Jenis Jerawat Yang Sering Menjadi Masalah Kulit

By | March 8, 2018

Secara umum jerawat adalah benjolan merah yang terdapat di permukaan kulit. Tidak hanya di wajah, di beberapa bagian tubuh juga bisa muncul masalah ini. Secara garis besar jerawat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu jerawat yang disertai peradangan dan tidak disertai peradangan. Kedua jenis jerawat berdasarkan tingkat peradangan ini memiliki ciri-ciri yang berbeda. Kedua jenis jerawat ini dapat diatasi dengan menggunakan cream penghilang jerawat.

Jerawat Tanpa Peradangan (Noninflamatory Acne)

Jerawat tanpa peradangan ini biasanya lebih mudah diatasi karena tidak disertai peradangan. Yang termasuk dalam golongan jerawat ini adalah komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam atau yang biasa disebut blackhead, penyebab komedo ini adalah pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan sebum menjadi melebar.

Sedangkan komedo putih atau whitehead terjadi karena sebum tersumbat dan bercampur dengan sel kulit mati. Lalu bakteri Propionibacterium Acnes menginfeksi kulit sehingga menyebabkan jerawat membesar. Komedo ini berada di permukaan kulit dan tidak menembus permukaan kulit seperti komedo hitam.

Jerawat Dengan Peradangan (Inflamatory Acne)

Jerawat dengan peradangan akan membuat wajah Anda terlihat memerah, dan sangat mengganggu penampilan. Semakin tinggi tingkat peradangan, semakin merah pula jerawat tersebut. Salah satu jerawat dengan peradangan ini adalah Jerawat Nodule. Penyebabnya adalah folikel yang tersumbat mengalami infeksi, iritasi, dan tumbuh menjadi besar. Jerawat ini tumbuh lebih dalam dibandingkan jenis lainnya dan terasa sakit saat disentuh.

Jenis jerawat dengan peradangan lainnya adalah Jerawat Kistik. Jerawat ini adalah jenis jerawat akut sama seperti Jerawat Nodule. Penyebab jerawat ini adalah perkembangan dari Jerawat Nodule yang telah mengalami infeksi dan peradangan, sehingga semakin membesar. Jerawat ini juga termasuk jerawat yang bandel dan sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, Anda perlu datang ke dokter spesialis kulit untuk mengatasinya.

Jenis-jenis jerawat tersebut memang dapat disembuhkan dengan berbagai cara. Namun melihat dari tingkat akutnya, tidak semua jerawat dapat disembuhkan dengan cara alami. Jerawat yang paling parah seperti Jerawat Nodule dan Kistik membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Salah satunya adalah dengan menggunakan cream penghilang jerawat. Anda dapat memperoleh cream tersebut di Liakosmetik.com.