Jenis Penyakit Jantung Yang Sebaiknya Anda Tahu

By | March 9, 2018

Akhir-akhir ini penyakit jantung menjadi momok berbahaya bagi masyarakat. Pasalnya, penyakit ini bisa muncul dengan tiba-tiba atau sudah bawaan genetic dari lahir. Dokter jantung menyarankan untuk Anda mengetahui secara detail mengenai jenis penyakit jantung yang sering menyerang masyarakat. Tidak ada ruginya bukan jika mengetahui apa saja jenis penyakit jantung agar nantinya dapat menghindari atau menyembuhkannya dengan baik.

Kenali Penyakit Dengan Baik

Agar Anda lebih paham mengenainya, simak ulasan berikut mengenai jenis penyakit jantung yang bisa saja menyerang Anda secara tiba-tiba.

  1. Gagal Jantung

Timbulnya penyakit gagal jantung ini adalah karena jantung yang tidak mampu memompa darah dengan benar. Kejadian ini menyebabkan darah dan oksigen tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh, sehingga organ-organ tersebut tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Hal ini menjadi hal yang sangat berbahaya jika terjadi. Gejala yang timbul jika mengidap penyakit ini adalah sesak nafas, kelelahan, dan terjadi pembengkakan pada area kaki.

  1. Jantung Rematik

Penyakit jenis ini menyerang area katup jantung. Dokter jantung menjelaskan bahwa penyakit ini sumbernya berasal dari infeksi demam rematik yang menyerang tenggorokan. Ada bakteri yang masuk dan turun ke jantung sehingga akibatnya akan muncul pembengkakan serta munculnya jaringan parut pada pintu katup jantung. Gejala yang akan terjadi yaitu pusing, dada terasa nyeri, dan nafas menjadi lebih pendek.

  1. Jantung Bocor

Penyakit ini terjadi karena jantung tidak mengembang secara normal sehingga menimbulkan gangguan yang menghambat kinerja jantung. Penyakit ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir. Jantung manusia terbagi menjadi 4 bagian, penyakit ini muncul karena adanya lubang pada setiap sekat yang membagi 4 bagian tersebut sehingga darahnya bercampur menjadi satu. Gejala yang biasanya terjadi antara lain, sesak nafas, munculnya warna kebiruan pada bagian mulut dan bibir, serta dasar kuku tangan dan kaki berbentuk cembung.

  1. Otot Jantung

Penyakit ini menyerang otot jantung sehingga menyebabkan penebalan hingga membuat jantung sulit berkontraksi. Penyakit ini membuat denyut jantung melemah. Gejala yang terjadi jika mengidap penyakit ini adalah dada terasa sakit, denyut jantung yang tidak normal, serta pingsan. Jika terjadi gejala demikian lebih baik langsung pergi ke dokter jantung untuk penanganan selanjutnya.