Kekurangan Batuan Granit Untuk Dijadikan Material Lantai

By | April 16, 2018

Granit merupakan salah satu batuan yang terbentuk akibat proses pendinginan dan pembekuan magma yang terjadi di dalam bumi dalam waktu yang sangat lama. Saat ini, batuan granit banyak dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai material lantai. Sifatnya yang kuat dan kokoh menjadikan lantai awet dan tahan terhadap goresan. Jasa poles granit sangat dibutuhkan untuk memoles lantai granit yang baru dipasang agar menjadi halus karena sifat alami batu granit yang memiliki permukaan kasar. Berbagai keunggulan granit juga menjadi alasan mengapa batuan ini menjadi salah satu material lantai eksklusif yang sering digunakan sebagai material gedung-gedung bertingkat ataupun rumah mewah. Lantai granit yang mengkilap setelah melewati proses penghalusan akan terlihat sangat mengkilap dan mewah. Selain itu, corak alami yang terdapat pada batuan granit memberikan kesan estetis tersendiri pada lantai granit. Namun, dibalik segudang keunggulan yang ditawarkan oleh lantai granit, terdapat beberapa kekurangan yang menyebabkan batuan ini hanya digunakan untuk lantai gedung bertingkat dan rumah mewah saja.

Kekurangan Lantai Granit

Perawatan lantai granit dengan menyewa jasa poles granit tentunya akan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Hal tersebut merupakan salah satu dari beberapa kekurangan lantai granit yang akan dijelaskan secara singkat pada di bawah ini.

  1. Harga yang mahal

Kualitas yang bagus memang selalu berbanding lurus dengan harga yang ditawarkan. Mengingat kualitas lantai granit yang sangat bagus, tak mengherankan jika biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli lantai granit juga tak sedikit. Oleh karena itulah, hanya gedung-gedung bertingkat dan rumah mewah saja yang kebanyakan menggunakan lantai granit.

  1. Proses pemasangan yang tak mudah

Batuan granit yang berat membuat proses pemasangan lantai granit tidak mudah dan membutuhkan banyak tenaga ahli.

  1. Perawatan yang khusus

Lantai granit tidak dapat disamakan dengan lantai keramik biasa maupun jenis lantai dengan bahan material lainnya. Lantai granit harus dirawat dengan khusus, dengan menyewa jasa poles granit agar lantai tetap mengkilap dan berkilau. Perawatan khusus ini tentunya akan menghabiskan biaya lagi yang tidak sedikit.