Kenali Jalur Pendakian Sebelum Mendaki Gunung Penanggungan

By | October 21, 2017

Mendaki jalur gunung penanggungan adalah salah satu kegiatan atau hobi beberapa kalangan anak muda saat ini baik kalangan laki-laki atau perempuan. Mendaki gunung diartikan mereka sebagai rasa syukur dengan ciptaan Tuhan. Ada juga yang mendaki gunung dengan alasan ingin menaklukkan puncak ataupun ingin berfoto-foto di spot alam yang sangat indah.

Untuk mendaki sebuah gunung, ada banyak hal yang tentu harus Anda persiapkan. Mendaki gunung bukanlah hal yang main-main karena nyawa menjadi taruhannya. Bayangkan saja, Anda akan berhari-hari berada di alam terbuka hutan belantara untuk mencapai puncak. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa mendaki gunung. Kesehatan fisik, biologi dan mental seseorang harus benar-benar dalam keadaan baik.

Jenis-Jenis Jalur Pendakian Gunung Penanggungan

Bagi Anda yang baru mulai belajar naik gunung, Anda harus mempersiapkan diri dengan olahraga secara rutin. Hal ini bertujuan untuk melatih otot-otot dan tulang yang nantinya akan digunakan ketika mendaki gunung. Sebagai awal, Anda bisa mendaki gunung-gunung dengan ketinggian rendah terlebih dahulu seperti Gunung Penanggungan. Seperti pendakian gunung lain, gunung ini juga memiliki jalur pendakian jalur gunung Penanggungan. Jalur pendakian bertujuan untuk membantu arah para pendaki.

Beberapa jalur pendakian Gunung Penanggungan yang bisa Anda pilih yaitu:

  1. Jalur pendakian via Tamiajeng

Ini adalah jalur pendakian resmi yang paling populer dan seringkali digunakan pendaki. Dengan jalur ini, Anda akan diberikan pemandangan yang sangat indah. Hanya saja, track jalannya sangat menantang.

  1. Jalur pendakian via Jolotundo

Jalur pendakian Gunung Penanggungan yang satu ini adalah jalur pendakian yang lebih panjang dari jalur Tamiajeng. Sehingga dapat dikatakan track jalur ini juga lebih landai.

  1. Jalur pendakian via Ngoro

Jalur ini terkenal lebih berat dan lebih panjang dibandingkan dengan jalur Jotulondo dan Tamiajeng.

  1. Jalur pendakian via Trawas

Jalur ini cukup dikenal oleh para pendaki dan sering digunakan. Dengan jalur ini, waktu pendakian berkisar 4 jam perjalanan untuk mencapai puncak.