Ketahui Kriteria Yang Menjadi Patokan Keindahan Sebuah Puisi

By | April 21, 2018

Puisi adalah alah satu karya sastra yang  berisi mengenai bait-bait perasaan kita yang terkumpul menjadi sebuah bait. Puisi sudah banyak berkembang dari jaman sebelum kemerdekaan, setelah kemerdekaan, dan sampai sekarang. Ada banyak jenis puisi seperti puisi cinta, puisi Islami, puisi persahabatan, puisi politik dan lain sebagainya.

Puisi sendiri banyak diminati baik di kalangan anak muda bahkan orang dewasa. Malahan sekarang ini kita sering menjumpai adanya perlombaan cipta puisi. Peminat yang mengikuti lomba itu pun tidak sepi, apalagi buat jiwa muda yang masih suka berkarya. Keindahan suatu puisi memiliki kriteria tertentu yang menjadi tolak ukur dalam penilaian karya puisi. Namun banyaknya majas yang digunakan dalam pembuatan puisi kita akan mengalami kesulitan dalam memaknai puisi yang kita baca.

Beberapa Kriteria Keindahan Dalam Sebuah Puisi

  • Pemilihan kata yang tepat

Kata adalah unsur utama yang digunakan untuk menyusun sebuah puisi. Sebagai sebuah karya yang berbeda dengan jenis karya tulis lainnya, puisi lebih banyak harus menyesuaikan analogi kata yang digunakan dengan kata yang akan kita ungkapkan. Kata yang sekiranya nyambung atau berkaitan dengan tema puisi yang dibuatnya misal puisi cinta. Kata yang digunakan sesuai dengan yang berkaitan dengan percintaan.

  • Penuhi dengan perasaan

Dalam suatu puisi akan lebih indah jika kita membuatnya penuh dengan suasana atau perasaan kita saat itu juga. Jika kita menulis puisi sesuai dengan perasaan itu akan membuat kita merasa mengalir saat menulis puisi dan hasilnya juga akan lebih mengena. Akan lebih indah jika puisi yang kita buat penuh dengan perasaan penghayatan.

  • Membangun suasana

Dalam penulisan puisi sebaiknya perbanyak penggunaan majas karena hal ini akan menambah gereget dan suasana puisi yang dihasilkan. Hal ini akan membuat sang pembaca lebih berkhayal tentang apa yang dituliskan oleh penulis. Selain itu akan timbul sebuah hubungan batin antara sang penulis dengan sang pembaca.

Sebenarnya masih banyak lagi kriteria puisi karena setiap penafsiran dan selera orang yang berbeda-beda. Mengenai puisi cinta selanjutnya bisa kita klik di santaidamai.com.