Kiat Rubah Tidur Siang Menjadi Kebiasaan Sehat

By | January 19, 2018

Tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan diri. Bagaimana tidak, dengan tidur maka Anda sama saja akan membiarkan otot-otot Anda yang tegang dan juga kaku menjadi kendur. Khususnya untuk orang dewasa yang mana bagi orang dewasa yang namanya tidur siang ini bisa disebut kemewahan yang sederhana karena jarang sekali ada waktu untuk melakukan tidur siang.

Cara Rubah Tidur Siang Menjadi Kebiasaan Yang Menyehatkan

Tidur siang yang biasa disebut sebagai kebiasaan ternyata bisa memberikan kesehatan. Pasalnya, yang namanya tidur siang ini bisa membangkitkan energi baik ke tubuh. Namun, ada peraturan tersendiri yang nantinya harus dilakukan saat melakukan tidur siang untuk merubah kegiatan menjadi sesuatu yang menyehatkan.

Cara pertama untuk rubah tidur siang menjadi sesuatu hal yang menyehatkan adalah dengan mengatur durasi waktu tidur. Durasi waktu tidur ternyata sangat berperan dalam menentukan sehat atau tidaknya Anda. Jika Anda menginginkan kesegaran setelah tidur, maka Anda bisa mengambil waktu kisaran 15 hingga 30 menit. Namun, jika Anda menginginkan untuk memperbaiki kondisi mental maka waktu yang Anda butuhkan adalah kisaran 90 menit. Sehingga nantinya Anda akan terbangun dengan segar.

Aturan yang selanjutnya adalah jangan pernah tidur siang setelah berolahraga. Tidur siang setelah olahraga hanya akan membuat tidur siangmu tak nyenyak sehingga jika Anda ingin tidur siang, maka hindari yang namanya olahraga. Namun, jika Anda membutuhkan waktu untuk olahraga, maka syaratnya harus ada jeda yakni sekitar 2 jam sampai 3 jam setelah Anda berolahraga.

Aturan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk tidur siang adalah dengan konsisten. Cara ini merupakan cara untuk melatih diri kapan harus istirahat dan kapan harus bekerja. Cara ini sangat penting Anda terapkan. Sehingga mulailah tidur siang di jam yang sama setiap harinya atau bahkan setiap minggunya. Namun, jika Anda tak memiliki waktu untuk tidur siang, maka alternatif yang bisa Anda gunakan adalah tidur setengah jam lebih awal dari jam tidur malam Anda.

Aturan tambahan yang bisa digunakan adalah atur tidur Anda senyaman mungkin sehingga nantinya tidur siang Anda akan semakin berkualitas. Singkirkan hal-hal yang akan membuat tidur Anda tak nyaman seperti ruangan yang kotor, sprei yang berantakan hingga bau yang benar-benar akan merusak momen tidur siang Anda.