Kista, Kenali Dan Cegah Sebelum Parah

By | February 7, 2018

Setiap wanita yang telah mengalami masa haid atau menstruasi pasti pernah mendengar penyakit satu ini. Kista merupakan penyakit yang berada di dalam ovarium wanita, berupa kantong yang berisi cairan. Penyakit ini merupakan gangguan yang sering terjadi dalam ovarium seorang wanita, karena biasanya muncul bersamaan dengan siklus menstruasi atau haid wanita. Sebenarnya, kista tidak terlalu berbahaya dan dapat menghilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Namun di beberapa kasus, sel yang tumbuh di dalam kista bersifat abnormal yang dapat memunculkan kanker. Banyak wanita yang belum mengetahui gejala penyakit kista bahkan ada yang hampir tidak menyadari bahwa mereka menderita penyakit tersebut serta tidak tahu cara mencegahnya, dikarenakan umumnya kista tidak memiliki gejala dan dapat hilang.

Gejala Penyakit Kista Harus Anda Waspadai

Meskipun kista terkadang tidak menimbulkan gejala yang jelas dan dapat hilang dengan sendirinya Anda harus tetap waspada, karena apabila kista tersebut membesar atau pecah maka akan beresiko mengakibatkan gejala yang serius sehingga harus dilakukan tindakan operasi untuk mengangkatnya. Ada beberapa gejala kista yang dapat dideteksi mulai dini. Diantaranya siklus menstruasi yang tidak teratur, nyeri pada saat berhubungan seksual, nyeri hebat di perut bagian bawah pada saat menstruasi, serta pendarahan yang lebih banyak pada saat menstruasi daripada biasanya. Apabila telah ditemukan gejala-gejala tersebut segeralah menemui dokter. Biasanya jika sudah ditemukan kista di dalam ovarium dan apabila kista tersebut telah berukuran besar maka dokter akan menganjurkan untuk operasi pengangkatan kista. Bahkan apabila kista diderita pada masa menopause akan berkembang menjadi kanker ovarium, berdasarkan kasus yang sering dijumpai.

Cara mencegah agar kista tidak tumbuh salah satunya adalah dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan mengurangi makanan berkadar lemak tinggi yang dapat menghambat siklus menstruasi. Berolahraga dan mengurangi menkonsumsi air es/air dingin saat sedang menstruasi juga dapat membantu mengurangi resiko tumbuhnya kista dalam ovarium. Kista juga bisa tumbuh karena keturunan, sehingga Anda harus berhati-hati menjaga pola hidup sehat. Demikian informasi tentang gejala dan pencegahan kista, semoga bermanfaat.