Lagu Daerah Jawa Tengah

By | March 10, 2018

Lagu daerah tentunya menggunakan bahasa daerah di setiap lirik lagunya. Untuk itu, belajar lagu daerah membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan lagu-lagu populer atau lagu nasional Indonesia. Seperti halnya dengan menyanyikan lagu barat, kita juga harus mengerti makna dan artinya. Tetapi jika dibandingkan dengan lagu daerah, sepertinya lebih mudah mengartikan lagu barat dimana kita sering mendengar arti dari kosakatanya. Namun bagaimana dengan lagu daerah? Bisa dibayangkan, misalnya kita adalah orang Padang yang tentunya kita tidak mengerti arti dari lagu daerah Jawa Tengah. Oleh karena itu, kita memang perlu belajar lebih untuk memahami makna lagu daerah.

Makna Lagu Daerah Jawa Tengah

Lagu daerah yang cukup populer di Indonesia adalah lagu daerah dari Jawa Tengah. Selain ikon baju kebaya khas Jawa Tengah, lagu daerahnya juga cukup dikenal oleh masyarakat daerah lain. Beberapa lagu daerah Jawa Tengah yang terkenal adalah Bapak Pucung, Gambang Suling, Jaranan, dan Padang Wulan. Menurut lagudaerah.xyz, makna lagu-lagu tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bapak Pucung

Bapak Pucung adalah sejenis serangga berwarna orange cerah, badannya berwarna hitam dan hidupnya di dedaunan. Lagu ini bercerita tentang seorang pekerja serabutan yang hidup terpontang panting dan selalu di perintah-perintah oleh atasan.

  1. Gambang Suling

Gambang Suling adalah alat musik dari Jawa Tengah. Lagu ini menceritakan kekaguman seseorang kepada alat musik ini yang terdengar sangat indah.

  1. Jaranan

Jaranan berasal dari kata jaran yang berari kuda. Jaranan adalah sebuah permainan anak-anak yang berbentuk seperti kuda. Makna dari lagu ini adalah seorang anak yang sangat senang dan menikmati permainan jaranan.

  1. Padang Wulan

Padang artinya terang, sedangkan wulan berari bulan. Jadi padang wulan artinya bulan yang terang. Lagu ini menceritakan suatu kondisi malam dimana langit terlihat sangat indah dan terang karena bulannya sangat cantik. Mengajak teman-teman untuk bermain di luar dan jangan hanya tidur di dalam kamar. Lagu ini juga bermakna religius untuk mensyukuri nikmat Sang Maha Kuasa yaitu merenungi keindahan malam.