Langkah Tepat Perakitan Kuda-Kuda Baja Ringan

By | February 14, 2018

Baja ringan merupakan rangka atap yang berasal dari material baja dengan mutu tinggi yaitu Hi-ten G550 yang berlapis zinc dan juga aluminium. Baja tersebut dibentuk sampai tipis dan juga ditarik agar memenuhi kekuatan yang sudah sesuai dengan standar. Sehingga baja ringan tersebut dapat diinjak dan bisa menahan genteng atau plafon yang digunakan sebagai atap rumah hingga kurun waktu diatas 10 tahun. Salah satu aplikasinya adalah kuda-kuda baja ringan sebagai rangka utama dan juga gording. Lempengan tersebut bisa berbentuk seperti huruf U terbalik atau I. Setelah memasang kuda-kuda tersebut tahap selanjutnya adalah memasang reng yang merupakan pengikat kuda-kuda dan juga gording yang posisinya melintang tepat diatas kuda-kuda dan gording tersebut.

Langkah Yang Diperhatikan Dalam Proses Perakitan Kuda-Kuda

Langkah dalam membuat kerangka atap dari baja ringan tidak bisa sembarangan, karena akan mempengaruhi kenyamanan saat di dalam rumah yang merupakan tempat berlindung dari angin serta hujan. Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk proses perakitan kuda-kuda baja ringan:

  1. Menyeimbangkan ring balok supaya seimbang
  2. Merakit rangka web
  3. Kemudian menyambungkan web pada ring balok (meletakan siku dan memperkuat dengan menggunakan dynabolt)
  4. Pemasangan siku yang diikuti dengan pemasangan reng
  5. Jika Anda menggunakan genteng tanah liat maka sebaiknya tidak memasangnya dengan cara menumpuknya pada satu titik karena bisa menyebabkan kerusakan baja ringan tersebut
  6. Pemotongan atap atau genteng yang berlebihan dilakukan diatas
  7. Terakhir adalah pemasangan talang, nok dan lisplang

 

Dengan perkembangan cara produksi yang sudah lebih cepat dan juga ekonomis, baja sekarang ini sudah lebih gampang diperoleh dan memiliki harga yang lebih murah. Sehingga sudah banyak rumah yang menggunakan baja ringan tersebut untuk kenyamanan rumah. Baja ringan ini sudah teruji keamanannya karena baja ini lebih kokoh dan juga kuat serta ringan jika dibandingkan dengan kayu yang waktu awetnya lebih pendek dibandingkan menggunakan baja. Kemudian jika menggunakan baja maka akan terhindar dari rayap dan juga keropos yang bisa disebabkan oleh udara ataupun air hujan. Sifat dari baja yang lentur dan juga fleksibel bisa membuat posisi kuda-kuda baja ringan menjadi cukup kuat dan tidak akan melendut atau bengkok.