Langkah Untuk Menghindari Kanker Serviks

By | May 21, 2018

Kanker serviks merupakan kanker mematikan yang menempati urutan kedua dengan penderita terbanya di Indonesia. Sedangkan di dunia, kanker serviks menempati urutan ke-4 dengan penderita terbanyak, khususnya di Negara-negara berkembang. Banyak penderita yang tidak dapat bertahan melawan penyakit yang satu ini karena memang tidak adanya gejala kanker serviks yang dirasakan oleh penderita pada stadium awal.

Menghindari Kanker Serviks

Sebagian kasus yang telah terjadi menyebutkan bahwa infeksi HPV (Human Papilloma Virus) adalah penyebab paling umum dari munculnya kanker serviks. Infeksi yang satu ini terjadi akibat gaya hidup yang terlalu bebas dan sering berganti-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual. Gejala kanker serviks di tahap awal yang tidak terasa membuat penyakit yang satu ini semakin menakutkan.

Penderita baru akan mengeceknya ke dokter setelah muncul gejala signifikan dan ternyata kanker sudah menyebar dan berada pada tahap lanjutan. Untuk menghindari kengerian tersebut, akan sangat lebih baik jika kita melakukan pencegahan sejak dini. Beberapa cara di bawah dapat kita lakukan untuk menghindari penyakit kanker serviks.

  1. Menghindari seks bebas

Seks bebas adalah salah satu penyebab paling utama dari munculnya kanker serviks. Bagi mereka yang gemar bergonta-ganti pasangan, risiko terkena  kanker serviks akan lebih besar. Melakukan seks pada usia dini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker serviks. Oleh karena itu, kita harus dapat menghindari kedua hal tersebut. Lebih dari apapun, seks bebas hanya akan membuat hidup kita hancur.

  1. Mengikuti tes pap smear

Pap smear merupakan tes yang dilakukan untuk mendeteksi dari dini jika terdapat sel-sel abnormal di dalam serviks. Tes ini dapat mendeteksi jika terdapat pertumbuhan sel tak wajar yang terjadi sehingga dapat melakukan pencegahan sedini mungkin.

  1. Vaksin HPV

HPV merupakan virus yang menyebabkan terjadinya kanker serviks. Karena gejala kanker serviks pada tahap awal seringkali tak terasa, melakukan vaksin HPV adalah langkah tepat untuk menghindarinya. Vaksin HPV akan membuat tubuh kita kebal terhadap serangan virus HPV. Vaksin HPV sangat dianjurkan untuk diberikan kepada anak remaja yang sistem reproduksinya mulai berkembang.