Lemas Saat Puasa? Gunakan Cara Berikut Ini

By | May 21, 2018

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara agar terhindar dari lemas saat puasa yang umumnya dirasakan oleh masyarakat. Puasa merupakan salah satu bulan sucinya umat Islam yang dilaksanakan hanya satu kali dalam satu tahun. Bulan puasa biasanya ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim.

Karena ibadah yang dilaksanakan akan dicatat sebagai amal kebaikan berkali-kali lipat. Menahan nafsu untuk makan dan minum tentunya membuat badan menjadi lemas, apalagi aktivitas rutin sehari-hari harus tetap dilaksanakan. Namun jangan jadikan puasa sebagai ajang untuk bermalas-malasan, karena belum tentu semua umat muslim dapat merasakannya lagi tahun depan.

Tips Puasa Anti Lemas Yang Bisa Anda Coba Dengan Keluarga

Sebagai suatu kewajiban, antar anggota keluarga harus saling mengingatkan agar tetap fokus dalam menjalankan puasa. Anak pun harus diajarkan dan dibiasakan untuk puasa sejak dini, sehingga akan kuat untuk puasa ketika sudah dewasa. Mengajari anak untuk berpuasa tentunya harus bertahap, ketika anak ingin berbuka pada saat adzhan Dzuhur tentunya Anda patut mengapresiasinya. Anak Anda sudah mau berusaha meskipun belum sampai di garis akhir perjuangan puasa.

Banyak trik yang dilakukan agar anak mau ikut belajar berpuasa, misalnya tawaran hadiah yang menanti saat lebaran nanti, buka puasa dengan menu favoritnya, hingga diajak jalan-jalan agar tidak terasa puasanya. Namun sebagai orang tua, Anda juga harus semangat dan tidak lemas agar anak Anda pun semangat. Ingin tahu cara agar terhindar dari lemas saat puasa? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

  • Waktu Makan Sahur yang Terjadwal

Puasa dimulai ketika fajar tiba dan berakhir setelah fajar tenggelam yang ditandai dengan adzhan Maghrib. Sebelum waktu imsak, merupakan waktu Anda untuk sahur. Nah agar bisa terhindar dari rasa lemas saat puasa maka Anda dapat makan sahur yang jarak waktunya lumayan dekat dengan waktu imsak.

  • Batasi Konsumsi Kopi dan Teh Saat Sahur

Kopi dan teh mengandung zat yang membuat Anda lebih sering dan banyak buang air kecil. Hal tersebut dapat membuat Anda kehilangan cairan tubuh sehingga dengan membatasi konsumsinya dapat menjadi cara agar terhindar dari lemas saat puasa.