Madu Untuk Kesehatan Tubuh

By | January 19, 2018

Salah satu sumber nutrisi bagi tubuh adalah madu. Madu memiliki rasa yang manis dan menjadi salah satu pengganti gula. Madu merupakan nektar tanaman yang bercampur dengan air liur lebah dan akan disimpan dalam sarang lebah. Madu mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. beberapa nutrisi yang dapat Anda temukan pada madu adalah magnesium, vitamin, protein, riboflavin, magnesium, zat besi, kalsium, dan masih banyak nutrisi lainnya. selain berbagai macam nutrisi tersebut, madu juga mengandung asam fenolat serta flavonoid yang akan bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dengan menambahkannya ke dalam makanan atau minuman Anda.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda terima saat rajin mengonsumsi gula:

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu lemak jahat yang dapat menyumbat pembuluh darah arteri. Kolesterol dapat meningkatkan kemungkinan risiko terjadinya stroke dan penyakit pada jantung. Kandungan senyawa aktif dan antioksidan pada madu dapat bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian, dengan mengonsumsi madu dalam dua minggu dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam darah 8%.

  1. Menghilangkan jerawat

Jerawat dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya oleh bakteri P. Achnes. Madu yang mengandung anti bakteri dapat membunuh bakteri tersebut serta dapat menghilangkan radang dan kemerahan di kulit. Anda dapat menggunakan madu sebagai masker di bagian yang berjerawat.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Penyakit diabetes disebabkan karena kadar glukosa yang tinggi di dalam darah. Hal ini dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan yang manis. Berbeda dengan gula sukrosa (gula tebu), madu memiliki Indeks Glikemiks yang lebih rendah dari gula tebu sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Madu akan berperan dalam meningkatkan pembentukan sel imun, seperti limfosit T, limfosit B, serta sel natural killer. Semua sel tersebut berperan dalam menangkal zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan mengetahui banyaknya manfaat madu bagi kesehatan tersebut, maka Anda dapat menjadikan madu sebagai salah satu suplemen alami bagi tubuh Anda.