Makna Mendalam Yang Tersirat Pada Logo Pu

By | March 22, 2018

Sederhana bukan berarti tidak bagus, anggapan keliru ini perlu kita buang jauh-jauh dari pikiran kita. Hal ini dikarenakan biasanya ketika kita melihat sampul kita tidak akan bisa melihat isi dari yang ada pada sampul. Seperti halnya yang terjadi pada logo pu yang memiliki desain sangat simple dan sederhana ternyata memiliki keistimewaan dan juga makna mendalam di dalam logonya. Berikut penjelasannya.

Beberapa Makna Mendalam Yang Terdapat Pada Logo Pu

Selain dari warnanya yang menggunakan warna biru dan kuning, yang apabila kita amati secara harfiah memiliki nilai positif, ternyata ada juga beberapa keistimewaan dan juga  makna penting yang terdapat pada logo pu, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Gambar sesuai dengan dasawarsa yang sedang dijalankan

Lambang yang diciptakan oleh pemenang sayembara yaitu Achmad Dzulfikar ini ternyata hampir tepat sesuai dengan5 dasawarsa yang mana pada saat mendesainnya beliau menggunakan teori gestalt. Selain itu, pada lambang yang ada juga terselip kata pu yang mana pada lambang tertulis dengan huruf p besar dibatasi dengan tanda titik dan diikuti dengan huruf u dengan huruf besar yang mana tulisan ini terbentuk dari pertemuan garis gelap antara warna dari latar lambang.

  • Meskipun dibuat oleh orang yang kurang profesional, logonya sangat menakjubkan

Meskipun yang membuat logo bukan dari kalangan desainer, akan tetapi logo yang dihasilkan sangat bagus serta menawan dan juga memiliki nilai seni yang sangat dalam. Hal ini lah yang membuat Achmad Dzulfikar sangat pantas untuk diberi penghargaan pada tahun 2014 lalu oleh mantan menteri pekerjaan umum yaitu Djoko Kirmanto. Logo ini memang terkesan biasa saja, akan tetapi logo ini dipastikan akan menjadi logo selamanya yang tidak akan lekang oleh zaman.

Nah, sangat menarik bukan membahas mengenai makna yang terdapat pada logo pu yang selama ini kita anggap biasa saja, dan ternyata logo ini memiliki makna yang dalam dan juga mengesankan. Semoga bermanfaat bagi para pembaca, khususnya bagi para sejarawan yang ingin tahu makna dan asal-usul dari logo ini.