Makna Penting Dari Pelaksanaan Ibadah Kurban Dan Haji

By | February 2, 2018

Sebentar lagi kita, para umat Islam akan menyambut Idul Adha dan bagi para calon jemaah haji di Indonesia juga sudah sebagian telah sampai di Kota Mekkah. Saat Idul Adha merupakan puncak dari pelaksanaan ibadah haji. Sedangkan bagi sebagian umat muslim, juga ada yang melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih sapi kurban pada saat Idul Adha. Lalu apa makna penting dibalik ibadah haji dan kurban?

Belajar Mengenai Keikhlasan

Ikhlas adalah salah satu kata yang sering diucapkan oleh kita. Namun apakah hati kita sudah benar-benar ikhlas seperti kata yang kita ucapkan tersebut? Dengan melaksanakan ibadah kurban dan haji, kita dapat mempelajari makna ikhlas itu sendiri. Dalah ibadah kurban telah dituliskan dalam Al Quran yaitu QS. Al Hajj ayat 37 bahwa keikhlasan serta ketakwaan kitalah yang akan sampai kepada keridhaan Allah SWT. Sedangkan untuk ibadah haji, sebagaimana tertulis dalam HR. Bukhari bahwa orang yang ikhlas dan tidak sombong saat menjalankan ibadah haji, maka ia akan memperoleh penghapusan dosa sebagaimana ketika ia dilahirkan.

Mengikuti Teladan Rasulullah SAW

Rasulullah SWA adalah tuntunan bagi umat Islam. Salah satu tuntunan yang Beliau ajarkan adalah menjalankan ibadah kurban dan haji. Tuntunan mengenai ibadah kurban yang Rasulullah ajarkan adalah menyembelih sapi kurban setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha. Begitu pula dengan ibadah haji, bahwa untuk melaksanakan ibadah tersebut perlu melakukan manasik terlebih dahulu dan tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Belajar Untuk Bersedekah

Melaksanakan ibadah kurban dan haji, sama-sama membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun apa makna dibalik ibadah-ibadah tersebut? Kita menyisihkan sebagian harta kita untuk melakukan hal yang di ridho Allah. Dengan melaksanakan kedua ibadah tersebut maka kita akan dapat belajar untuk tidak terlalu mencintai harta. Tetapi lebih berusaha untuk mencari ridho Allah SWT.

Belajar Untuk Menghindari Larangan Perintah

Dalam melaksanakan ibadah haji tentunya ada larangan-larangan yang harus kita hindari saat berihram seperti memakai wangi-wangian, mengenakan baju yang membentuk lekuk tubuh, memotong rambut dan kuku, serta bersetubuh. Sedangkan untuk melaksanakan ibadah kurban, kita tidak boleh memilih sapi kurban yang sakit ataupun cacat.