Manfaat Inisiasi Menyusui Dini Bagi Ibu Dan Bayi

By | June 7, 2018

ASI memang banyak sekali manfaatnya, selain sebagai sumber makanan utama bagi bayi juga akan membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat lagi. Bayi yang baru lahir akan mendapatkan kekebalan tubuh yang kuat apabila ibu dari bayi tersebut melakukan inisiasi menyusui dini. Jika proses ini dilakukan dengan benar maka kemungkinan bayi akan sakit itu sangatlah kecil, tetapi sangat disayangkan belum banyak ibu muda yang melakukan hal tersebut.

Beberapa Manfaat Yang Didapatkan Dari Inisiasi Menyusui Dini

Proses inisiasi menyusui dini ini bukan saja akan bermanfaat untuk bayi juga akan sangat bermanfaat untuk ibu dari bayi tersebut. Maka tidak heran jika badan kesehatan dunia itu mewajibkan proses tersebut untuk dilakukan setelah satu jam bayi dilahirkan. Untuk cara melakukan inisiasi yang benar, bayi harus dalam posisi tengkurap dan diletakan di dada ibu bayi.

Memang inisiasi ini bukan lagi hal yang baru, karena program ini sudah dilakukan dari dulu. Tetapi karena kurangnya penyuluhan mengenai pentingnya inisiasi ini membuat banyak masyarakat yang belum paham dengan benar mengenai manfaat dari proses tersebut. Maka dari itu di sini akan diterangkan apa saja manfaat dari proses inisiasi berikut ini.

  • Memperkuat Hubungan Ibu Dan Bayi

Dengan melakukan proses inisiasi tepat setelah bayi lahir maka ikatan antara ibu dan bayi akan terjalin begitu erat, hal ini dikarenakan bayi akan menyentuh tubuh untuk pertama kali adalah tubuh dari ibunya. Jadi bayi akan langsung mengetahui bau dari ibunya dan tidak akan salah dalam mengenali ibunya sendiri.

  • Membuat Pemberian ASI Eksklusif Menjadi Sukses

Memang ada bayi yang tidak menyukai ASI eksklusif, ini bukan salah dari bayi tersebut tetapi salah dari orang tuanya yang tidak melakukan proses inisiasi waktu bayi baru lahir. Jadi akhirnya bayi tidak mengetahui bagaimana meminum ASI yang benar karena langsung diberikan susu formula.

Itulah manfaat yang akan didapatkan oleh ibu dan bayi jika dalam melakukan inisiasi menyusui dini itu dilakukan dengan aturan yang benar. Karena pentingnya dan banyaknya manfaat dari proses ini diharapkan semua ibu melakukan hal tersebut.