Manfaat Terbaik Jus Seledri

By | April 7, 2018

Siapa tidak kenal dengan seledri. Tanaman hijau ini juga ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Terkadang seledri juga digunakan sebagai campuran jus demi mendapatkan khasiatnya. Manfaat yang dimiliki oleh seledri seperti menjaga kesehatan dan fungsi ginjal. Ginjal yang menjadi salah satu organ penting sangat berperang dalam membersihkan darah dari racun dan kotoran. Sehingga jika ginjal mengalami masalah maka darah tidak akan bisa dibersihkan dengan baik.

Manfaat Tanaman Seledri

Dalam seledri terdapat berbagai macam kandungan seperti vitamin A yang tinggi pada daunnya. Sedangkan pada batangnya terdapat vitamin B1 dan B2, B6 dan C, juga kaya akan potasium, folat, magnesium, kalsium, fosfor, besi, asam amino esensial yang tinggi dan natrium.

Seledri bisa dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi jus. Natrium organik yang berupa garam dalam seledri aman untuk dikonsumsi. Bagi penderita hipertensi juga sangat cocok mengonsumsi seledri. Seledri sangat dipercaya dalam menurunkan tekanan darah yang juga ikut membantu kerja ginjal.

Langkah Membuat Jus Seledri

Dalam membuat jus seledri, langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Ambil seikat daun seledri dan cuci sampai bersih.
  • Potong menjadi ukuran kecil-kecil dan masukkan dalam panci.
  • Rebus seledri kurang lebih 10 menit dan kemudian dinginkan.
  • Seledri siap diminum.

Akan lebih baik jika mengonsumsinya setidaknya satu gelas setiap hari yang bermanfaat mengeluarkan racun dalam tubuh melalui air seni. Tapi jika terdapat masalah kesehatan bisa mencoba mengonsumsinya sebanyak 2 atau 3 kali sehari saat waktu makan.

Bagi atlet juga bagus untuk mengonsumsi seledri karena bisa menggantikan elektrolit dan rehydrates karena adanya kandungan mineral dalam seledri. Selain itu terdapat kandungan kumarin fitokimia yang mencegah kanker usus dan juga sebagai pencahar untuk meringankan sembelit.

Mengonsumsi jus seledri secara rutin sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Selain itu, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan bergizi dan kaya nutrisi agar asupan ke dalam tubuh menjadi lebih seimbang dan hidup sehat akan terus terasa.