Manfaat Timun Untuk Wajah

By | April 5, 2018

Kulit putih dan mulus adalah idaman dari semua orang tak terkecuali untuk seorang pria. Selain kebugaran tubuh, seorang pria perlu adanya sebuah pancaran sesuatu dari wajah atau kita sebut sebagai kharisma, hal tersebut merupakan suatu nilai plus (tambah) bagi seorang pria. Memiliki badan bugar dan wajah yang bersinar sangatlah menguntungkan untuk semua pria, oleh karena itu perlu adanya suatu perawatan secara rutin. Akan tetapi pada kenyataannya perawatan secara teratur di sebuah salon memerlukan dana pengeluaran yang sangat besar. Hal tersebut yang membuat para pria berpikir dua kali untuk pergi ke salon untuk melakukan sebuah perawatan pada wajahnya. Tahukah Anda? Ada cara yang sangat mudah dan juga hemat untuk merawat wajah Anda para kaum pria, yaitu dengan menggunakan mentimun atau timun.

Kandungan Pada Timun

Mentimun mengandung 95% air. Hal tersebut tentu saja dapat berguna untuk menjaga kulit agar tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi kulit yang menyebabkan kulit menjadi pecah dan kusam, sehingga kulit akan terus lembab dan halus. Selain kandungan air yang sangat banyak, timun juga memiliki kandungan Vitamin E dan kalium yang terdapat pada biji mentimun. Kandungan kalium dan Vitamin E dapat mengurangi garis halus, noda hitam, dan juga keriput. Selain itu kandungan lain yang terdapat pada mentimun yaitu kandungan silica dan antioksidan yang dapat meremajakan kulit dan menyamarkan noda hitam yang terdapat pada wajah.

Pemanfaatan timun untuk perawatan wajah merupakan hal yang sangat mudah dan murah, Anda hanya membutuhkan timun yang masih segar, buah lemon, dan madu. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Parud atau blender timun hingga menjadi bubur yang halus
  2. Buatlah sari lemon dari buah lemon asli, yaitu dengan memeras buah lemon.
  3. Ambil sari buah lemon kemudian campurkan 1 sampai 2 sendok sari buah lemon dengan timun yang sudah menjadi bubur halus tadi.
  4. Aduk hingga merata.
  5. Campurkan 2 sendok madu murni ke dalam ramuan timun dengan lemon yang sudah menjadi satu.
  6. Aduk hingga merata, hingga berbentuk seperti cream pasta.

Penggunaan masker timun:

  1. Cuci wajah Anda dengan menggunakan air hangat kuku.
  2. Keringkan dengan handuk atau kain yang halus, pastikan muka Anda sudah bersih.
  3. Oleskan ramuan masker timun menggunakan kuas secara merata mulai dari bagian pipi hingga kelopak mata.
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bersihkan kembali wajah Anda, lalu gunakanlah air es untuk menutup kembali pori-pori Anda.