Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Ibu Hamil

By | April 20, 2018

Yoga adalah salah satu jenis olah raga yang digandrungi oleh masyarakat terutama wanita. Nah, biasanya wanita lebih menyukai yoga dalam olah raganya untuk mendapatkan kesehatan tubuh setiap hari. Melakukan yoga memang baik sekali dilakukan setiap hari karena tidak ada efek secara berlebihan jika melakukan jenis olah raga satu ini setiap hari.

Nah, kemudian wanita hamil juga rekomendasi olah raga yang baik adalah melakukan yoga. Sehingga sejumlah ibu hamil yang ingin mendapatkan kesehatan untuk diri sendiri dan janinnya pasti melakukan yoga secara rutin. Nah, jika penasaran manfaat yoga bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya simak penjelasan manfaat-manfaatnya di bawah ini.

Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil dan Janin

Manfaat-manfaat melakukan yoga bagi kesehatan ibu hamil, janin adalah :

  1. Untuk melatih pernapasan

Yoga memiliki manfaat untuk melatih pernapasan bagi ibu hamil. Nah, biasanya ibu hamil ini perlu berlatih teknik pernapasan supaya nanti saat persalinan tiba bisa mengatur napasnya dengan baik. Ketika bisa mengatur napas dengan baik maka dapat membantu proses persalinan terutama untuk mengurangi rasa sakit saat kontraksi.

Jenis olah raga yang aman

Yoga juga memiliki manfaat sebagai pilihan jenis olah raga yang aman bagi ibu hamil. Meskipun Anda sedang hamil bukan berarti bisa malas-malasan dan tidak melakukan kegiatan olah raga untuk menjaga kesehatan. Justru ketika hamil harus tetap rajin olah raga dan memilih jenis olah raga yang tepat seperti yoga.

  1. Untuk Relaksasi

Bagi ibu hamil yang membutuhkan relaksasi karena sering merasa cemas sepanjang waktu. Nah, kecemasan yang terjadi pada ibu hamil ini bisa membuat lebih stres dan mudah terkena penyakit sehingga harus tetap rileks dengan cara olah raga atau melakukan yoga.

  1. Untuk menguatkan otot panggul

Latihan yoga manfaatnya juga untuk menguatkan otot panggul pada wanita dan ibu hamil. Sehingga otot panggul akan lebih lentur dan fleksibel saat proses persalinan nantinya. Selain itu saat hamil biasanya sang ibu mengalami sakit pinggang sehingga butuh melakukan yoga supaya lebih rileks dan nyaman.

Seperti itu manfaat yoga bagi ibu hamil sehingga perlu diterapkan sebagai langkah sehat selama kehamilan Anda.