Manisnya Keuntungan Budidaya Lebah Madu

By | February 14, 2018

Sebagian besar orang memang menganggap bahwa membuat peternakan madu membutuhkan tahap-tahap yang sangat rumit. Oleh karena itu, kebanyakan orang merasa ragu untuk memulai bisnis atau budidaya lebah madu. Padahal, budidaya lebah madu cukup mudah dilakukan jika kita memahami bagaimana teknik ternak lebah madu yang benar. Meskipun menjalankan ternak lebah madu cukup mengerikan jika dalam jumlah lebah yang sangat besar, namun keuntungan yang ditawarkan dari bisnis ini sangatlah menjanjikan. Hal ini disebabkan karena pemintaan pasar terhadap madu murni sangatlah tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika budidaya lebah madu menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Inilah Beberapa Alasan Mengapa Budidaya Lebah Madu Sangat Menggiurkan

Alasan paling utama mengapa bisnis lebah madu sangat menggiurkan adalah karena produk dari ternak madu sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, para pelaku usaha ternak lebah madu bisa menjadi pemasok dari produk yang dihasilkan oleh lebah madu ke pasaran. Selain karena alasan tersebut, tentu ada banyak alasan lain mengapa bisnis budidaya lebah madu menjadi sangat menggiurkan. Di antaranya adalah:

  1. Proses pemeliharaan dalam budidaya lebah madu sangat mudah dilakukan.
  2. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan ternak lebah madu relatif kecil. Hal ini disebabkan karena lebah madu bisa mencari makanan dengan sendirinya. Oleh karena itu, peternak tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk memberi pakan lebah madu yang diternak.
  3. Jumlah pesaing di bidang ternak madu lebah masih sangat sedikit, sehingga bisa memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  4. Madu dapat dipanen dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 1-2 minggu setelah musim bunga.
  5. Harga madu murni di pasar cukup mahal. Untuk setiap 1 liter madu asli, umumnya dipatok dengan harga sekitar Rp200.000,-.

Nah, itulah lima alasan mengapa bisnis budidaya madu sangat menjanjikan dan menggiurkan. Setelah mengetahui apa saja keuntungan dari bisnis ternak lebah madu, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika tertarik, maka jangan lupa untuk mempelajari bagaimana cara membudidayakan lebah medu secara baik dan benar. Dengan begitu, maka Anda siap menjadi peternak lebah madu yang handal.