Masa Kuliah Adalah Masa Penuh Perjuangan

By | June 13, 2018

Masa kuliah adalah masa yang indah dan penuh perjuangan. Di mana para mahasiswa disibukkan dengan kegiatan perkuliahan dan juga kegiatan di luar perkuliahan, seperti UKM, dan lain sebagainya. Mahasiswa yang berjuang dengan sekuat tenaga untuk menghadapi lika-liku kehidupan perkuliahan yang penuh dengan tantangan dan pengorbanan. Menghadapi mata kuliah yang sulit, bertarung dengan nilai, bertemu dosen untuk bimbingan skripsi, bahkan lika-liku dalam keorganisasian di luar kuliah. Beberapa orang melalui itu saat mereka harus jauh dari rumah. Semua itu adalah hal yang harus dilalui agar kita bisa menggunakan medali wisuda suatu saat nanti.

Menjalani perkuliahan memang melelahkan. Dengan banyaknya tugas yang diberikan oleh dosen membuat kita harus rela kekurangan waktu untuk istirahat, bahkan tak sedikit yang hingga jatuh sakit. Sedangkan mereka adalah mahasiswa yang berasal dari luar daerah yang jauh dari orang tua. Sungguh perjuangan yang sangat memprihatinkan. Akan tetapi semua itu merupakan proses menuju kedewasaan, dan kematangan pola pikir.

Menuju Momen Saat Kita Mengenakan Medali Wisuda

Pada awal masuk kuliah, kita akan merasa bahagia karena bisa hidup di lingkungan yang baru. Bisa menjalani tahap selanjutnya dari fase kehidupan seorang manusia, yaitu masuk usia remaja. Kita menghabiskan masa remaja di lingkungan perkuliahan, menghadapi tantangan baru, bertemu dengan orang-orang yang baru juga. Pada saat itu belum terbayangkan oleh kita tentang bagaimana proses agar bisa merasakan medali wisuda dikalungkan di leher kita.

Kita harus memutar otak saat mengerjakan soal-soal ujian. Berupaya untuk menghasilkan nilai yang tinggi. Berjuang menunggu dosen yang tak tahu kapan datangnya, hanya demi menghabiskan waktu yang tak seberapa untuk melakukan bimbingan akademik maupun skripsi.

Hingga waktu berjalan dan menunjukkan bagaimana kita harus berjuang dan berkorban demi itu semua. Semua itu dilakukan agar suatu saat kita bisa membawa orang tua kita melihat kita sedang mengenakan medali wisuda. Agar kita bisa mencapai masa depan yang secara teori bisa lebih baik, karena kita hidup pada zaman di mana ijazah memiliki peran penting dalam memperoleh pekerjaan.