Mau Usaha Tapi Modal Sedikit? Jangan Takut!

By | May 13, 2018

Banyak orang yang sebenarnya ingin memulai untuk berusaha tetapi selalu tidak jadi karena merasa tidak memiliki modal yang cukup banyak. Modal yang besar harus disediakan jika memang Anda akan membuka usaha yang langsung gede-gedean seperti membuka restoran, hotel, tempat karaokean dan lain-lain. Tetapi, masih banyak peluang usaha lain yang tidak membutuhkan modal yang besar.

Tips Berhasil Dengan Modal Terbatas

Dengan cara yang tepat dan kesabaran, modal terbatas Anda untuk memulai sebuah bisnis pasti akan mendatangkan untung yang makin lama akan semakin besar. Adapun beberapa tips agar Anda sukses walau dengan modal yang minim, diantaranya adalah:

  • Berbisnis sesuai modal

Memang benar jika memulai sebuah usaha tergantung seberapa banyak modal yang kita miliki. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membuka toko yang besar, karena jaman sekarang sudah ada media sosial yang menyediakan tempat promosi secara gratis yang dapat dimanfaatkan dengan mudah.

  • Kelola bisnis sendiri

Dengan modal minim, Anda tidak harus menganggarkan dana untuk merekrut karyawan. Selama memungkinkan, Anda bisa mengelolanya sendiri guna menghemat dana yang harus dikeluarkan.

  • Fokus pada kualitas

Dengan menjaga kualitas produk yang kita jual, maka pembeli akan percaya dengan produk kita. meskipun modal yang minim, Anda harus memperlakukan bisnis ini layaknya profesional.

Contoh Peluang Usaha

Dengan tips tersebut, Anda sudah cukup mengerti bagaimana menjalankan sebuah usaha. Anda hanya perlu memastikan usaha apa yang cocok. Berikut ini contoh beberapa peluang usaha dengan modal minim:

  1. Bisnis makanan

Bisnis makanan merupakan salah satu contoh bisnis yang perputarannya cepat. Anda bisa bisnis katering kecil-kecilan untuk para mahasiswa yang membutuhkan makanan murah tapi bergizi. Selain itu, Anda juga bisa berjualan makanan ringan seperti munthul, keripik talas, makaroni, dan lain-lain.

  1. Bisnis kerajinan tangan

Tidak seperti makanan yang ada dimana-mana, dengan kerajinan tangan Anda bisa menjual hasil karya Anda. Anda bisa menjual gelang, tas, boneka dengan bahan-bahan yang murah. Barang handmade ini bisa dijual dengan harga yang berlipat ganda.

  1. Bisnis pakaian

Jaman sekarang banyak orang yang membeli barang-barang bekas. Anda menjual dengan harga murah tetapi mendapatkan untung yang besar. Selain itu, Anda juga bisa menjual kaos pre-order. Jika desain kaos bagus pasti pembeli akan berdatangan.