Memulai Bisnis MUA Profesional

By | March 22, 2018

Bisnis MUA sudah menjadi peluang usaha yang banyak diminati oleh masyarakat sekarang ini. MUA merupakan orang yang membuat seseorang lebih cantik dari sebelumnya, dengan mengubah tampilan wajah menggunakan make up. Biasanya jasa make up artist digunakan oleh klien di hari spesial mereka seperti saat pernikahan, tunangan, wisuda, dan hari hari besar lainnya. Keahlian MUA ini memiliki peranan yang cukup penting, karena keberhasilan kecantikan Anda di tentukan dari polesan MUA nya.

Bagaimana Memulai Bisnis MUA

Pertama, mulai dari berlatih. Berlatih merupakan ujung tombak awal seorang MUA dalam menjalankan bisnisnya. Untuk memulai nya, MUA harus sedikit berkorban untuk melakukan pemasaran. Mereka biasanya memberikan jasa layanan make up gratis untuk model yang akan di make up. Terkadang mereka membayar beberapa model untuk di make up supaya orang yang akan menggunakan jasanya tersebut melihat hasil riasannya secara nyata. Walaupun mereka harus berkorban peralatan make up yang mahal.

Kedua, Ilmu yang MUA dapatkan bisa berasal dari mana saja. Seperti misalnya, dengan melihat beberapa model make up dari MUA profesional, seorang MUA dapat menjadikan mereka referensi dalam merias kliennya. Meskipun setiap MUA harus memiliki dasar yang kuat dalam merias wajah dengan mengikuti beberapa kelas kursus make up. Tetapi dalam pengembangan bakatnya itu, MUA haruslah memiliki beberapa referensi dari MUA yang sudah profesional. Selain itu, MUA harus selalu mengupdate cara make up yang baik dengan mengikuti tutorial make up yang sekarang ini sudah sangat mudah untuk dicari di social media.

Ketiga, Seorang MUA harus memiliki rekaman portofolio supaya hasil karyanya dapat dilihat oleh klien Anda. Mudah cara membuatnya, seorang MUA dapat bekerja sama dengan model supaya dapat digunakan dalam mendandani dan memakaikan pakaian untuk menunjukkan ke klien bahwa hasil make upnya menarik klien. Kemudian bekerja sama dengan fotografer untuk terus mengupdate dan mengabadikan hasil make up yang diterapkan di model yang dipakai oleh MUA. Sehingga foto tersebut dapat di portofoliokan ke dalam album sebagai iklan.

Keempat, MUA harus dapat mengaplikasikan ke dalam berbagai jenis wajah.  Seperti bentuk muka, karena setiap manusia memiliki bentuk muka yang berbeda maka seorang MUA haruslah dapat menyesuaikan jenis riasannya. Warna kulit wajah, Mua harus bisa menerapkan make up nya sesuai dengan warna kulit wajah. Jenis kulit yang biasanya cenderung ke kondisi kulit yang dialami oleh setiap klien nya yang berbeda- beda. MUA harus bisa merubah wajah dengan kondisi yang berbeda itu dengan keahliannya supaya menjadi lebih cantik.