Mengapa Memilih Batik Solo?

By | March 11, 2018

Solo merupakan salah satu pemasok kain batik terbesar di Indonesia selain Pekalongan. Mungkin Anda bisa merasakan di kota-kota kecil pun sudah terdapat toko batik Solo. Ya, itu adalah salah satu bukti bahwa batik dari Solo memang sudah meng-Indonesia. Karena permintaan konsumen yang meningkat, batik khas Solo ini akhirnya membuka toko di berbagai wilayah. Pernahkah Anda berpikir apa yang menjadi alasan konsumen memilih batik jenis ini? Atau mungkin Anda juga salah satu penggemar batik dari kota Solo? Mari kita bahas satu persatu.

Keunggulan Batik Solo

Anda mungkin tidak sadar tentang alasan mengapa senang mengoleksi batik Solo. Sebagai informasi, keunggulan batik dari Solo adalah sebagai berikut:

  1. Bahan kain batik yang berkualitas. Bahan kain batik yang lembut dan menyerap keringat membuat setiap orang yang memakai merasa nyaman.
  2. Motif batik memiliki filosofi kehidupan. Perlu Anda ketahui, motif kain batik ini memiliki filosofi masing-masing. Motif batik juga disesuaikan dengan tempat dimana kita memakai batik. Misalnya, motif batik untuk acara pernikahan berbeda dengan motif batik untuk acara kematian.
  3. Menampilkan kesan anggun, lembut dan tangguh.
  4. Memiliki nilai estetika yang tinggi. Motif-motif batik khas Solo dibuat cukup rumit dan detail, sehingga memiliki nilai estetika yang tinggi.
  5. Motif batik yang bermacam-macam membuat Anda lebih puas memilih dan mengoleksi lebih banyak lagi.

Itulah keunggulan dari batik Solo yang mungkin baru Anda sadari saat ini. Lalu, bagaimana dengan harga batik ini? Harga batik ini lumayan cukup terjangkau mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari jenis batik. Untuk batik tulis dan batik tenun, tentunya bisa mencapai ratusan atau jutaan ribu rupiah. Sedangkan untuk batik-batik print, batik cap memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu Anda juga tidak perlu jauh-jauh ke Solo untuk mencari batik ini. Silahkan Anda cari di internet dimana toko yang menjual batik-batik dari Solo. Saya yakin pasti ada toko batik ini di daerah Anda menetap.