Mengenal Jenis-Jenis Bahan Seragam Kerja

By | May 12, 2018

Keberadaan perusahaan dan industri sangat berpengaruh pada perkembangan ekonomi negara. Jumlah perusahaan yang berdiri di Indonesia hingga tahun 2018 ini mungkin sampai ribuan. Banyak sekali masyarakat yang memilih pekerjaan di industri maupun perusahaan tertentu. Jika Anda lihat pada jam kerja, Anda mungkin akan mendapatkan pemandangan lautan karyawan dengan seragam kerja yang keluar dari sebuah perusahaan.

4 Jenis Bahan Seragam Kerja Yang Sering Digunakan

Seragam para pekerja memang membuat masyarakat lebih mudah mengenali karyawan dari sebuah perusahaan. Layaknya anak sekolah, jika menggunakan seragam tentu masyarakat akan dengan mudah mengetahui asal dari sekolah anak tersebut. Begitu juga dengan karyawan perusahaan. Untuk itu, tidak hanya seragam anak sekolah saja, seragam untuk pekerja juga sangat penting.

Seragam kerja juga menjadi alat untuk mempromosikan perusahaan. Misalkan, seorang karyawan yang keluar di jam makan siang di sebuah warung makan. Orang-orang tentu akan membaca identitas dari tulisan di seragam mereka. Dengan begitu, nama perusahaan akan semakin dikenal masyarakat.

Seragam pekerja tentunya harus memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Kenyamanan akan membuat para pekerja lebih produktif dan semangat dalam bekerja. Beberapa bahan seragam yang sering digunakan yaitu:

  • Drill

Bahan kain drill biasa digunakan untuk seragam para pekerja otomotif. Bahan ini memiliki tekstur yang cukup tebal sesuai dengan jenis-jenisnya. jenis-jenis kain drill yaitu twist drill, American drill, dan japan drill.

  • Katun

Kain katun terbuat dari serat kapas yang sangat nyaman dipakai. Bahannya yang dingin dan mudah menyerap keringat sangat cocok digunakan untuk pekerjaan lapangan yang membutuhkan mobilitas tinggi.

  • Kanvas

Kanvas sering dipilih sebagai bahan jaket karena teksturnya yang tebal sehingga tahan goresan. Sehingga, bahan ini cocok digunakan untuk seragam lapangan.

  • Tropical

Tropical merupakan bahan yang sering digunakan untuk seragam kerja. Selain itu, bahan ini juga termasuk bahan yang paling mahal. Tekstur kainnya lembut dan berkualitas tinggi. Namun, perusahaan tentu membutuhkan modal yang besar untuk membuat seragam berbahan tropical.