Menghabiskan Waktu Ngabuburit Saat Bulan Ramadhan

By | May 13, 2018

Makanan ringan atau snack adalah cemilan favorit bagi banyak orang. Snack sering dijadikan pilihan sebagai cemilan ketika mereka sedang menonton film, menonton televisi, atau ketika mereka sedang bekerja. Cemilan juga bisa membantu Anda mengurangi kebosanan ketika sedang menunggu. Bulan Ramadhan akan segera tiba. Momen-momen khas yang hanya bisa dirasakan ketika bulan Ramadhan akan segera kita rasakan lagi, dan bernostalgia ria. Salah satunya yaitu ngabuburit atau menunggu waktu untuk berbuka, sambil mencari makanan untuk berbuka, atau sekedar mencari snack takjil.

Biasanya kita akan menghabiskan waktu ngabuburit bersama dengan teman atau keluarga. Ngabuburit biasanya dilakukan sejak pukul 4 sore atau selepas sholat Ashar. Orang-orang yang ngabuburit tidak hanya semata-mata mencari makanan, hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, mereka bisa berjalan-jalan atau bersepeda untuk menikmati waktu sore di berbagai tempat ramai, atau menunggu teman-teman untuk berkumpul, dan kemudian mencari tempat makan untuk melaksanakan buka bersama.

Takjil Yang Lebih Menarik Bagi Pelanggan

Hal yang menjadi daya tarik utama pada saat ngabuburit ternyata bukanlah makanan utama yang mengenyangkan perut, akan tetapi orang akan lebih tertarik, dan juga lebih bersemangat ketika mencari snack takjil. Takjil identik dengan jajanan, atau makanan ringan yang berperan sebagai makanan sampingan. Kebanyakan takjil itu adalah makanan yang rasanya manis. Jajanan tersebut merupakan jajanan yang biasa dijual di pasar-pasar tradisional. Walaupun kebanyakan adalah makanan dan minuman manis, tetapi ada juga makanan-makanan ringan yang asin.

Indonesia memiliki banyak sekali resep kreasi makanan ringan atau jajanan yang kaya akan rasa. Apalagi pada saat momen ngabuburit, selain menyajikan jajanan pasar tradisional seperti onde-onde, nagasari, kolak candil, risol, gorengan, dan sebagainya, para pedagang juga menjual makanan yang dipadukan dengan resep modern. Misalnya adalah, salad buah, es buah dengan kuah jus, crepes, hamburger, sosis bakar, dan banyak pilihan lainnya.

Aneka jajanan yang dijual ketika momen ngabuburit, biasanya dijual di tempat-tempat khusus selama bulan Ramadhan. DI Indonesia, dan mungkin di berbagai belahan dunia lainnya, biasanya para pedagang akan berkumpul dan mendirikan pasar kaget dan menjual berbagai snack takjil di sana.